Cerita Chocolate Lava Bermula dari Resep yang Gagal

Molten Chocolate Cake di Vong Kitchen SCBD, Jakarta Selatan, Kamis 5 April 2018 (Tempo/Astari Pinasthika Sarosa)

kuliner

Cerita Chocolate Lava Bermula dari Resep yang Gagal

Jumat, 6 April 2018 09:18 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Chocolate Lava populer sebagai salah satu hidangan penutup yang banyak disuka. Dari luar, chocolate lave cake memang terlihat seperti kue cokelat biasa. Tapi saat dipotong, cokelat hangat yang meleleh ke luar memberi sensasi rasa yang sangat lezat.

Resep lainnya: Resep Lentil Ceviche, Sajian Segar dari Chef GreenpeaceJenis Sayur dan Yoghurt Ini Jangan Jadi Campuran Smoothie

Tahukah kamu, pada awalnya makanan ini disajikan dengan penuh kekhawatiran. Adalah Chef Jean-Georges Vongerichten yang pertama kali membuatnya pada 1987. Chef asal Prancis itu memasak untuk sebuah acara di New York, Amerika Serikat, buat 300 orang.

Ketika itu, Chef Jean-Georges Vongerichten tidak siap memasak kue cokelat untuk orang sebanyak itu. Mendadak temperatur oven juga menurun dan perhitungan waktu masak kurang.

"Pada akhirnya, kue cokelat tetap disajikan kepada para tamu dan mereka panik karena menduga tengahnya masih mentah," cerita Cédric Vongerichten, anak dari Chef Jean-Georges Vongerichten di SCBD, Jakarta Selatan, Kamis 5 April 2018. Tapi kesalahan itu ternyata disambut baik oleh para tamu.

ilustrasi cokelat (pixabay.com)

Mereka justru penasaran bagaimana cara membuat kue cokelat dengan cokelat yang meleleh di bagian dalam. Jika diperhatikan, membuat kue chocolate lava cake atau molten chocolate cake ini tidak terlalu sulit. Mengutip dari website Jean-Georges, berikut resep molten chocolate cake buatannya yang sekarang terkenal di seluruh dunia.

Bahan:- 4 sendok makan atau 1/2 batang mentega tawar- 1 sendok makan tepung terigu- 3 butir telur, dipisahkan bagian kuning dengan putih- 1 sendok teh gula pasir- 3 ½ ons dark chocolate, sebaiknya dipotong-potong- ½ kg gula halus- ½ cangkir tepung almond

Cara menyiapkan oven dan cetakan:- Panaskan oven hingga 350 derajat. - Siapkan cetakan dan beri mentega dan tepung pada bagian bawahnya supaya kue mudah dikeluarkan.

Cara membuat cokelat leleh:- Siapkan mangkuk tahan panas dan masukkan cokelat serta mentega ke dalamnya. - Masukkan mangkuk yang berisi cokelat dan mentega ke dalam panci kukusan yang sudah diberi air, dan kondisi mendidih.- Aduk cokelat dan mentega sampai tercampur rata. - Kocok 1 kuning telur dan masukkan ke dalam campuran cokelat ini untuk melembutkannya.

Cara membuat adonan chocolate cake:- Kocok 3 putih telur dengan gula pasir sampai halus. - Kocok 2 kuning telur lalu masukkan gula halus, tepung almond, dan tepung terigu. Aduk sampai rata.- Masukkan putih telur dan gula pasir yang sudah halus tadi, kocok lagi. - Masukkan lelehan cokelat ke dalam adonan chocolate cake- Tuang adonan ke dalam cetakan kue yang sudah disiapkan

Cara memasak:- Panggang adonan kue selama 17 menit atau sampai terlihat mengembang- Keluarkan dari oven dan biarkan sejenak hingga suhu kue agak turun. - Keluarkan kue dari cetakan dengan cara membaliknya.- Letakkan kue di piring saji dan tambahkan es krim, buah-buahan iris, atau taburan gula halus sesuai selera.

Hasil: 6 buah