Resep Lentil Ceviche, Sajian Segar dari Chef Greenpeace

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Resep Lentil Ceviche. TEMPO | Astari P. Sarosa

Resep Lentil Ceviche. TEMPO | Astari P. Sarosa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Membuat makanan yang sehat dan lezat bisa dilakukan di mana saja, termasuk di atas kapal. Chef Daniel Bravo Garibi yang bertugas di kapal Rainbow Warrior milik Greenpeace berbagi resep membuat makanan yang sehat, lezat, sekaligus ramah lingkungan.

Baca juga:
Resep Olahan Bayam Kekinian, Ada Saus Putihnya
Resep Camilan Ubi Jamur, Cocok Buat Semua Umur

Selama 15 tahun menjadi bagian dari Greenpeace, Chef Daniel Bravo telah eksperimen dengan berbagai jenis bahan makanan dari seluruh dunia. Masakan yang dia buat tidak hanya sedap dipandang, bagus untuk kesehatan, dan terasa lezat, tapi juga ramah lingkungan. Salah satu resep yang dia berikan adalah Lentil Ceviche.

"Lentil adalah sumber zat besi, mineral, dan vitamin serta protein nabati," kata Chef Daniel Bravo Garibi. Untuk mempercepat penyerapan nutrisi itu ke tubuh, dia mencampur lentil dengan air jeruk nipis yang kaya vitamin C.

Chef Daniel Bravo Garibi yang bertugas di Kapal Greenpeace Rainbow Warrior. TEMPO | Astari P. Sarosa

Lentil Ceviche ini terasa segar. Asam, manis, asin, bercampur dengan porsi yang pas. Berikut ini bahan yang dibutuhkan dan cara membuat Lentil Ceviche.

Bahan:
- 100 gr lentil coklat
- 2 sdm bawang merah cincang halus
- 2 sdm mentimun cincang
- 1 sdm ketumbar cincang
- 1 sdm cincang mint (opsional)
- 2 sdt air jeruk nipis
- 2 sdm minyak zaitun
- 6 potong cabe kering
- 1/2 butir bawang putih cincang
- Garam secukupnya
- Tomat kecil dicincang halus

Ilustrasi lentil

Cara membuat minyak cabai:
- Panaskan minyak dalam panci sedang. Masukkan bawang putih sampai muncul aroma. Matikan api dan tambahkan cabai dan garam. Terus aduk sampai dingin.

Cara membuat herba:
- Masukkan ke dalam blender, ketumbar, peppermint, bawang putih, garam, dan minyak, lalu aduk hingga terbentuk pasta halus. Tambahkan air jika diperlukan.

Cara membuat Lentil Ceviche:
- Rendam lentil dalam air selama 1 malam, kemudian tiriskan.
- Bumbui lentil dengan minyak zaitun dan garam. Tambahkan bawang, tomat, mint, ketumbar dan air jeruk nipis. Setelah tercampur semua, sajikan lentil dalam gelas kecil dan berikan beberapa tetes minyak cabai dan herba.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."