Tips Cuci Pakaian dari Bahan Sutra, Simpan Dulu di Freezer

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Peragawati membawakan koleksi terbaru desainer Oscar Lawalata bertema My Name Is Asia dalam Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) 2015 di Jakarta, 25 Mei 2015. Dalam koleksi ini, Oscar Lawalata mengusung motif batik pesisir berbahan sutra. TEMPO/Nurdiansah

Peragawati membawakan koleksi terbaru desainer Oscar Lawalata bertema My Name Is Asia dalam Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) 2015 di Jakarta, 25 Mei 2015. Dalam koleksi ini, Oscar Lawalata mengusung motif batik pesisir berbahan sutra. TEMPO/Nurdiansah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perancang busana Poppy Dharsono tentunya memiliki beragam pakaian yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak bisa dicuci dengan cara biasa. Pengalaman 40 tahun menjadi desainer membuat Poppy Dharsono tahu betul tips membersihkan bahan tertentu, terutama bahan sutra.

Tips lainnya:
5 Tips Perut Langsing tanpa Efek Samping
Tips Merawat Rambut Keriting ala Tatyana Akman

Jika sebagian besar orang percaya dry clean adalah metode pencucian yang aman dan bagus untuk semua bahan termasuk sutra, Poppy Dharsono justru punya pengalaman sebaliknya. Menurut dia, mencuci pakaian dengan teknik dry clean di penatu belum tentu bersih, terutama untuk pakaian berbahan sutra.

"Biasanya pakaian yang terbuat dari bahan sutera selalu tertulis label "dry clean". Tapi kenyataannya, di bagian bawah ketiak, leher dan lainnya masih ada noda yang sulit hilang dan selalu tertinggal warna bedak sehingga bahan cepat rusak dan bolong," ujar Poppy Dharsono di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis 29 Maret 2018.

Kho Tjin Hok (Spesialis Lagoon Asia Pacific), Poppy Dharsono (Presiden APPMI), Luca Franchi (Regional Marketing Manager Electrolux SEA & India), Suci Utami (blogger) di Indonesia Fashion Week 2018, di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis 29 Maret 2018 (Tempo/Astari P Sarosa)

Pengalaman ini membuat Poppy Dharsono mencari tahu bagaimana kiat mencuci busana berbahan sutra yang aman. Poppy Dharsono kini punya metode sendiri untuk membersihkan pakaian dari bahan sutra. Dia memilih memakai sabun khusus yang ramah lingkungan dan metode pencucian dengan tangan, lalu dikeringkan tidak di bawah sinar matahari, melainkan cukup diangin-anginkan.

Berita lainnya: 3 Plus 3 Kunci Kecantikan Miss World 2018 Manushi Chhillar

"Sebelum disetrika, masukkan bahan ke dalam plastik lalu simpan di freezer selama beberapa jam, baru disterika," ucapnya. Dengan cara itu, bahan sutera akan terasa lebih halus dan bersih. Poppy Dharsono menambahkan, pencucian dry clean juga biasanya menggunakan bahan kimia yang membuat warna busana berubah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."