Pikiran pun Bisa Terpengaruh Bau, Cek di Sini Buktinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi bau menyengat. Shutterstock

Ilustrasi bau menyengat. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ternyata, bau-bauan yang kita cium bisa mempengaruhi pikiran. Seperti diberitakan oleh Brightside, saat mencium sesuatu rupanya indera penciuman bisa mempengaruhi otak dan mengubah sikap kita pada hal-hal tertentu.

Penasaran seperti apa bukti dari suatu bau yang bisa mempengaruhi pikiran? Coba cek dulu tiga hal di bawah ini.

#Bau bisa membuat lebih percaya diri
Ada sebuah studi yang mengatakan memakai parfum bisa membuat lebih percaya diri. Ketika memilih parfum, kita akan mencari yang memiliki bau favorit. Bau itulah yang bisa membuat kita tampil lebih percaya diri nih Teens. Meski sepele tapi bau parfum itu benar-benar bisa mempengaruhi pikiran kita kan.

#Bau bisa mempengaruhi suasana hati
Saat menghirup lilin aromaterapi, kita lebih rileks dan tenang. Penyebabnya bau memang bisa mempengaruhi suasana hati. Namun, saat mulai cemas tapi kemudian menghirup bau dari hal-hal yang tidak kita suka, tentunya suasana hati pun bisa jadi lebih buruk.

#Terkenang sesuatu juga bisa terjadi saat mencium bau tertentu
Bau tertentu ternyata juga bisa membuat kita teringat pada sebuah kenangan. Misalnya saat kita tak sengaja mencium bau mainan baru, pastinya langsung teringat masa kecil dan baru dibelikan mainan oleh orang tua. Bahkan, hal itu telah dibuktikan dalam sebuah studi yang menunjukkan bahwa bau-bauan memang bisa mengaktifkan ingatan emosional lebih baik daripada saat kita melihat sebuah gambar.

TEEN

Artikel lain:

Bakteri Menuntunmu kepada Kekasih, dari Bau Badan Sampai Ciuman
Bau Badan Tak Kunjung Hilang, Faktor Ini Penyebabnya

 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."