Ayo Minum Madu Sebelum Tidur dan Rasakan 10 Manfaat Kesehatan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi madu. shutterstock.com

Ilustrasi madu. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Teman mungkin pernah menyarankan Anda minum secangkir susu hangat dengan satu sendok teh madu sebelum tidur. Minuman ini disarankan karena madu organik dikenal sebagai makanan ajaib yang memiliki manfaat kesehatan yang mengejutkan ketika dikonsumsi sebelum tidur.

Madu telah digunakan sebagai obat alami sejak berabad-abad lalu. Madu mengandung zat antibakteri alami serta memiliki kemampuan menyembuhkan luka dan bersifat anti-peradangan.

Madu juga memiliki kemampuan melawan infeksi. Selain itu, madu merupakan zat antidiabetes, yang dikenal untuk mengurangi kadar glukosa darah. Madu bekerja sebagai obat tradisional yang bagus untuk batuk dan pilek.

Tak hanya itu, madu juga dapat mengobati infeksi saluran pernapasan bagian atas. Berikut ini sepuluh manfaat kesehatan mengkonsumsi madu sebelum tidur.

Baca juga: 

3 Aturan Minum Madu yang Harus Anda Pahami

Bahaya Mencampur Madu dengan Daging dan Lobak, Cek Sebabnya

Ampuhnya Perpaduan Apel dan Madu Mengusir Minyak di Kulit Wajah

1. Memicu hormon tidur
Minum madu sebelum tidur
menyebabkan kadar insulin meningkat dalam jumlah kecil. Insulin dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak. Tryptophan kemudian diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi serta suasana hati yang baik dan membuat tidur nyenyak.

2. Menjaga hati
Hati membutuhkan bahan bakar pada malam hari. Jadi madu adalah pilihan yang sempurna. Madu akan membuat hati memproduksi glukosa, yang akan memicu pelepasan banyak hormon pembakar lemak. Madu mengandung fruktosa dan glukosa, yang sangat baik untuk fungsi hati pada malam hari.

3. Membantu menurunkan berat badan
Madu berfungsi sebagai bahan bakar untuk hati dan membuat hati memproduksi glukosa. Mengkonsumsi madu sebelum tidur membuat tubuh membakar lebih banyak lemak pada malam hari. Madu mentah hanya mengandung 64 kalori per cangkir. Ini akan memberi rasa kenyang pada malam hari.

4. Obat batuk
Madu adalah obat rumah yang bagus untuk mengobati batuk dan pilek. Tapi, tahukah Anda, madu juga bermanfaat untuk mengobati batuk pada malam hari di kalangan anak-anak? Minum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur akan membebaskan dari batuk.

5. Membantu pencernaan
Minum madu dengan air hangat sebelum tidur adalah salah satu cara paling aman untuk membantu membersihkan racun yang ada dalam sistem pencernaan tubuh. Antimikroba yang ada dalam madu organik mentah dapat membantu membunuh patogen berbahaya yang ditemukan di usus.

6. Mengatasi kelaparan saat malam
Terkadang, setelah makan malam, Anda masih merasa lapar pada larut malam. Hasilnya adalah mengambil semangkok keripik atau cokelat. Tapi cara terbaik mengobati rasa lapar pada tengah malam adalah minum madu sebelum tidur. Gula alami dalam madu akan menaikkan kadar gula darah.

7. Madu untuk obesitas
Orang yang berjuang melawan obesitas bisa mengkonsumsi madu pada malam hari, karena madu benar-benar bebas lemak dan akan membatasi asupan lemak. Mengkonsumsi air hangat yang dicelupkan lemon dengan satu sendok teh madu akan membantu mengurangi lemak perut.

8. Madu untuk kulit sehat
Sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan dalam madu menjadikannya obat yang luar biasa untuk memiliki kulit yang sehat. Sifat-sifat ini membantu menjaga kulit tetap halus dan lentur jika mengkonsumsi madu sebelum tidur.

9. Mengurangi risiko diabetes
Mengkonsumsi satu sendok teh madu sebelum tidur dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Jika seorang penderita diabetes meminum madu setiap malam, itu bahkan dapat membantu mengobatinya, karena itu membantu mengurangi kadar glukosa darah.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Madu mentah mengandung antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah banyak penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Madu juga kaya polifenol, antioksidan yang dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung dan kanker.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."