Effortless Beauty Ifan Rivaldi : Kim Kardashian Vs Putri Diana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Putri Marino. Instagram

Putri Marino. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ivan Rivaldi adalah seorang makeup artist yang selama sepuluh tahun terakhir mengusung konsep effortless beauty. Hasil dari effortless beauty adalah penampilan yang natural dan mencerminkan karakter orang tersebut. Dalam sebuah unggahan di akun Instagram, Ivan Rivaldi menyampaikan dengan sederhana bagaimana memaknai effortless beauty itu.

Baca juga:
Putri Marino Terapkan Effortless Beauty, Makeup Pendobrak Pakem

"In a world full a kardashians, be diana!," tulis Ifan Rivaldi seraya menyertakan foto Putri Marino saat menikah dengan Chicco Jerikho di Bali pada Sabtu, 3 Maret 2018. Dengan tulisan tadi, jelaslah referensi tokoh yang bisa jadi rujukan dari effortless beauty adalah sosok Putri Diana.

Putri Diana. Getty Images

Putri Diana selalu tampil natural dengan makeup yang tidak terlalu tebal. Meski begitu aura kecantikannya tetap terpancar. Berbeda dengan Kim Kardashian yang tak bisa lepas dari berbagai teknik makeup, terutama contouring yang tujuannya membuat bagian pipi lebih tirus dan tulang pipi tampak menonjol. Contouring makeup pernah menjadi tren dan masih diterapkan oleh sebagian makeup artist.

Kim Kardashian tampil dengan riasan wajah yang membuatnya semakin cantik saat menghadiri pemutaran film "The Promise" di Los Angeles, California, AS, 12 April 2017. REUTERS/Mario Anzuoni

"Effortless beauty membuat penampilan senatural mungkin. Pada riasan wajah Putri Marino misalnya, saya masih menggunakan shading, tapi harus tetap terlihat tulang hidung, pipi, dan dagunya,” kata Ifan Rivaldi.

Riasan alami Putri Marino. (Instagram)

Dalam menerapkan konsep effortless beauty, Ifan mengatakan hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan warna foundation atau alas bedak. Menurut dia, selama ini ada persepsi yang keliru tentang alas bedak.

"Orang mengira foundation itu berguna untuk mengubah warna kulit, padahal sebenarnya untuk meratakan warna kulit karena ada bagian kulit yang mungkin warnanya berbeda," ucap Ifan Rivaldi. Adapun Untuk menentukan warna dasar kulit, Ifan Rivaldi melanjutkan, bukan dilihat dari warna leher melainkan warna kulit tangan.

Artikel makeup lainnya:
Tampilan Makeup Berdasarkan 12 Lambang Zodiak
Pakai Eyelash Extension, Hati - hati Bulu Mata Menipis

Ifan Rivaldi mengibaratkan wajah seperti kanvas. "Kalau foundation-nya terlalu kuning, padahal tidak sesuai dengan warna kulit tangan, yang terjadi adalah wajahnya akan terlihat belang," kata Ifan. Selain itu, perhatikan juga waktu pemakaian makeup. Jika acara yang akan dihadiri berlangsung pada malam hari, disarankan memilih warna satu tone lebih gelap dari kulit. Tujuannya, ketika terkena kilat lampu atau flash kamera, maka hasilnya terlihat natural.

Selain itu, Ifan Rivaldi menambahkan, ada dua hal yang justru merusak konsep riasan effortless beauty. Pertama, penggunaan pomade alis dan kedua, ekstensi bulu mata. "Saya lebih suka memakai bulu mata palsu yang dipasang secara natural ketimbang ekstensi bulu mata yang tebal-tebal dan kelihatan palsu sekali," katanya.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."