Angelina Jolie Makan Serangga : Seperti Keripik Kentang

Angelina Jolie berpose saat menghadiri acara British Academy of Film and Television Awards (BAFTA) di Royal Albert Hall, London, 18 Februari 2018. AP Photo

kesehatan

Angelina Jolie Makan Serangga : Seperti Keripik Kentang

Senin, 19 Maret 2018 14:46 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Los Angeles - Angelina Jolie dikenal dengan kebiasaan makan yang unik. Salah satu camilan wajibnya adalah serangga yang diolah dengan cara digoreng. Angelina Jolie tak segan mengenalkan kebiasaan makan yang unik ini kepada anak-anaknya.

Baca juga:Menilik Rumah Baru Angelina Jolie yang Bergaya Klasik

Seperti dikutip dari National Post, Angelina Jolie pernah mengajak anak kembarnya, Vivienne dan Knox memasak kalajengking dan laba-laba. Angelina Jolie yang menyiapkan serangga, kemudian Vivienne dan Knox yang memasukkannya ke dalam penggorengan.

"Rasanya sangat enak, seperti makan keripik kentang," kata Angelina Jolie. Hanya saja, dia mengakui agak sulit menguyah kalajengking karena cangkangnya yang keras. Sebelum merasakan kenikmatan makan laba-laba dan kalajengking, Angelina Jolie juga pernah menelan kecoa dan tarantula.

Artikel lainnya:Keluarga Punya Riwayat Kanker, Ikuti Cara Angelina Jolie

Menurut Angelina Jolie, kebiasaannya makan serangga berasal dari pembelajaran bagaimana para tentara bertahan hidup ketika perang. Ternyata mereka makan serangga supaya tidak kelaparan. Bagi para pemula yang ingin makan serangga, Angelina Jolie menyarankan untuk melahap jangkrik lebih dulu kemudian tarantula.

Aktris Angelina Jolie berpose saat hadir dalam Critics Choice Awards ke-23 di Santa Monica, California, AS, 11 Januari 2018. Terlihat tato di bagian lengan kanannya yang ditulis dalam huruf Arab dan memiliki arti "Penentuan". Tato ini dibuat untuk menutupi tato garis abstrak yang sebelumnya ia buat bersama mantan suaminya Billy Bob Thornton. REUTERS/Monica Almeida

Ihwal manfaat dari makan serangga, para ilmuwan menganjurkan mengkonsumsinya karena hewan-hewan kecil itu mengandung protein tinggi dan zat besi yang lebih banyak dari daging sapi. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agriculture and Food Chemistry pada 2016 disebutkan, serangga mengandung magnesium, zat besi, dan nutrisi lain yang setara dengan sepotong daging steak.

Para peneliti dari American Chemical Society (ACS) menyatakan belalang dan jangkrik sebagai sumber nu

trisi yang lebih baik dari daging sapi, terutama kandungan zat besi. Belalang dan jangkrik mengandung kalsium, seng, dan tembaga yang lebih tinggi dari steak sirloin. Menurut pakar diet Vandana Seth, serangga bisa ditambahkan ke dalam pola makan yang sehat dan terdapat 2.000 spesies serangga yang bisa dimakan.

Sayangnya, banyak serangga yang sudah terkontaminasi pestisida dan zat-zat kimia lain sehingga bila ingin mengkonsumsinya harus mencari dari sumber yang bisa dipercaya. Serangga adalah camilan kesukaan di Thailand, terutama jing leed, yakni jangkrik yang digoreng garing dan diberi saus kedelai. Warga Meksiko menyukai chicatanas, semut sangrai dengan jeruk nipis. Semut juga camilan favorit di Cina dan Brasil, sedangkan orang Jepang menyukai kepompong ulat sutra.

ANDRA PRABASARI | PIPIT