Keluarga Punya Riwayat Kanker, Ikuti Cara Angelina Jolie

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Aktris Angelina Jolie berpose saat hadir dalam Critics Choice Awards ke-23 di Santa Monica, California, AS, 11 Januari 2018. Terlihat tato di bagian lengan kanannya yang ditulis dalam huruf Arab dan memiliki arti

Aktris Angelina Jolie berpose saat hadir dalam Critics Choice Awards ke-23 di Santa Monica, California, AS, 11 Januari 2018. Terlihat tato di bagian lengan kanannya yang ditulis dalam huruf Arab dan memiliki arti "Penentuan". Tato ini dibuat untuk menutupi tato garis abstrak yang sebelumnya ia buat bersama mantan suaminya Billy Bob Thornton. REUTERS/Monica Almeida

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyakit kanker bisa muncul dengan atau tanpa faktor keturunan. Namun mereka yang mengetahui keluarganya ada riwayat sakit kanker, tentu lebih waspada terhadap penyakit ini. Ahli Onkologi dan Konsultan Spesialis dari The Cancer Center, Singapore Medical Group, Dr. Wong Seng Weng mengatakan semua orang memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Sel kanker itu dapat dibedakan menjadi sel normal dan sel kanker abnormal.

Baca juga:
Kenali Gejala Kanker Limfoma Hodgkin, Penyebab Kematian Nomor 6

"Sel yang abnormal ini dapat menyerang sel normal secara tidak terkendali," kata Wong Seng Weng di Jakart. Data Kementerian Kesehatan menunjukkan kanker adalah penyebab kematian nomor 7 di Indonesia. Selain faktor genetik, penyakit ini bisa muncul karena gaya hidup tak sehat, seperti merokok, sering menyantap fast food, dan lainnya.

Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit kanker dalam keluarganya, Wong Seng Weng berbagi kiat untuk mencegah sel kanker yang bersifat genetis menjadi abnormal. "Ada dua cara mencegahnya, yakni dengan melakukan pemeriksaan berkala atau mengangkat sel kanker," katanya.

Bagi pewaris gen kanker ataupun yang tidak, sebaiknya memeriksakan diri secara berkala di rumah sakit untuk mengetahui apakah terdapat sel kanker abnormal atau tidak. Wong Seng Weng mengatakan, sel kanker tidak bisa terdeteksi dengan kasat mata atau perubahan fisik. "Kalaupun terlihat dari perubahan fisik, biasanya kanker sudah masuk stadium lanjut," ucapnya.

Mengenai metode mengangkat sel kanker dari tubuh, Wong Seng Weng mencontohkan apa yang dilakukan oleh aktris Angelina Jolie. Mantan istri Brad Pitt itu menjalani operasi pengangkatan sel kanker karena dia merupakan keturunan atau pewaris gen kanker dari orang tuanya.

ASTRIA PUTRI NURMAYA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."