Kahiyang Ayu Hamil, Perhatikan Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Muda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Kahiyang Ayu (AntaraNews.com)

Kahiyang Ayu (AntaraNews.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kahiyang Ayu diketahui sedang hamil. Makeup artist Bennu Sorumba mengumumkan kabar bahagia itu melalui akun Instagram-nya setelah merias wajah Kahiyang Ayu. Kehamilan Kahiyang Ayu tampaknya masih sangat muda.

Baca juga:
Kahiyang Ayu Hamil : Kamu Pakai Batik Enggak Hari Ini?
Kahiyang Ayu Hamil, Mitos atau Fakta Nanas Bahaya Buat Ibu Hamil

Masa kehamilan berlangsung selama sekitar 40 minggu atau 9 bulan 10 hari dan dikelompokkan menjadi tiga periode. Pada trimester pertama yaitu minggu ke-1 sampai 12, terjadi proses pemupukan sel telur oleh sperma atau disebut konsepsi.

Tubuh ibu hamil dalam periode ini mengalami banyak perubahan. Selektif terhadap makanan, mual, pusing, berat badan bertambah, mood mudah berubah, gampang lelah, adalah beberapa gejala yang biasa dialami dalam tiga bulan pertama kehamilan. Meski begitu, ibu harus memastikan asupan gizi sehingga tubuh dan janinnya tetap sehat.

Ilustrasi ibu hamil tidur atau bermimpi. shutterstock.com

Berikut kebutuhan yang harus dipenuhi pada ibu hamil dalam trisemester pertama, seperti dikutip dari laman Healthline:

1. Vitamin prenatal
Mengkonsumsi vitamin prenatal untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan calon bayinya. Vitamin prenatal mengandung tiga zat gizi penting yaitu asam float, zat besi dan kalsium.

2. Olahraga
Tidak disarankan melakukan olahraga berat. Ibu yang sedang hamil muda bisa melakukan olah tubuh yang memperkuat otot di sekitar panggul, misalnya kegel.

3. Makan buah dan sayur
Konsumsi buah dan sayur, serta banyak minum. Jangan terlalu banyak minum minuman berkafein, seperti kopi dan teh karena mengganggu penyerapan air dalam tubuh. Dan satu lagi, hindari makan makanan mentah untuk mencegah parasit toksoplasmosis dan salmonela berkembang biak.

4. Perhatikan kebutuhan kalori
Energi yang dikeluarkan ibu hamil lebih besar dari kondisi normal. Sebab itu, pastikan kebutuhan kalori terpenuhi seperti saat sebelum hamil ditambah sekitar 300 kalori.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."