Cut Mini Hindari Gula, Ada Tips Minum Kopi Cegah Diabetes

Cut Mini. Tabloidbintang

kesehatan

Cut Mini Hindari Gula, Ada Tips Minum Kopi Cegah Diabetes

Senin, 5 Maret 2018 08:30 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Cut Mini membatasi asupan gula dan karbohidrat agar terhindari dari penyakit diabetes. Dulu, Cut Mini mengatakan selalu membawa kopi kemasan yang sudah bercampur dengan gula dan susu di dalam tasnya. Namun lama-kelamaan, dia merasa pusing setelah minum kopi kemasan tersebut.

Baca juga:Kurangi Kolesterol dan Risiko Diabetes dengan Buah IniGula Batu Lebih Baik dari Gula Pasir ? Simak Penjelasan Ini

Cut Mini kemudian mengganti kebiasaan minum kopi kemasan dengan kopi tanpa gula. "Setelah minum kopi pahit, rasanya jadi lebih enak di badan," ucap Cut Mini. Sejak itu pula, dia tak pernah menambahkan gula dalam setiap minumannya. "Jadi kalau saya pesan kopi di kafe, sama sekali tidak pakai gula."

Penampilan Cut Mini di acara Festival Film Tempo 2017 di Epicentrum, Jakarta. TEMPO | Astari P. Sarosa

Selain menghindari gula, Cut Mini juga membatasi asupan karbohidrat dengan tidak makan nasi. Meski begitu, Cut Mini menyadari kalau tubuhnya tetap membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Perempuan 44 tahun ini memilih memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan makanan tertentu, seperti roti.

Dokter spesialis penyakit dari RS Siloam Jakarta, Mulyani Anny Suryani Gultom mengatakan diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak disadari masyarakat. Bisa jadi, penderita diabetes di Tanah Air lebih banyak dari jumlah yang tercatat.Padahal, dia menambahkan, dampak penyakit ini sangat fatal.

FPC Diabetes.dietdetective.com

Mulyani menjelaskan, tubuh penderita diabetes tidak dapat mengatur metabolisme dengan baik sehingga menyebabkan terganggunya fungsi organ lainnya. Kondisi ini bisa berujung pada berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, amputasi, bahkan kebutaan.

"Belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit diabetes," katanya. Sebab itu, upaya pencegahan sedini mungkin menjadi pilihan terbaik, dan salah satunya adalah dengan membatasi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.