Kurangi Kolesterol dan Risiko Diabetes dengan Buah Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi diabetes. Shutterstock.com

Ilustrasi diabetes. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kolesterol dan diabetes menjadi dua pemicu berbagai penyakit. Dokter yang juga trainer hidup sehat dan olahraga, Phaidon L. Toruan mengatakan ada dua jenis buah yang dapat mengurangi risiko kolesterol dan diabetes.

Baca juga:
Coba Telur Angsa, Ukuran dan Nutrisinya 3 Kali Lebih Banyak

"Makan apel atau pir sebelum makan bisa memperlambat penyerapan gula darah. Buah ini dapat menggantikan obat diabetes,” kata Phaidon di Jakarta, Kamis 18 Januari 2018.

Ilustrasi selai apel. shutterstock.com

Buah apel dan pir, menurut dia, mengandung serat tinggi dan dapat mengendalikan gula darah dengan memperlambat penyerapannya. Menurut Phaidon, dua jenis buah ini cocok dikonsumsi penderita diabetes tipe 2.

“Berbagai penelitian juga menemukan buah tomat, stroberi, dan delima, bagus untuk membersihkan pembuluh darah. Kalau sering-sering makan ini, setiap hari pembuluh darah pasti akan bersih,” ujarnya.

ilustrasi buah tomat. Shutterstock.com

Buah-buahan tadi, Phaidon melanjutkan, juga bagus untuk menurunkan kolesterol. Untuk tomat khususnya, setelah dimasak akan memiliki manfaat yang hampir sama dengan obat penurunan kolesterol.

Namun, perlu diingat tentang kadar konsumsinya karena setiap orang memiliki masalah kolesterol dan kadar gula berbeda, serta setiap buah punya karakter masing-masing.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."