Laura Basuki Bagikan Daftar Makanan Pelengkap ASI, Yuk Dicek

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Laura Basuki. TEMPO/Nurdiansah

Laura Basuki. TEMPO/Nurdiansah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Laura Basuki menikah dengan Leo Sandjaja pada 2011dan dikaruniai Owen Sandjaja, yang kini berusia dua tahun. Setelah memberinya air susu ibu atau ASI eksklusif sejak lahir, begitu Owen memasuki usia enam bulan, Laura memperkenalkan makanan pendamping ASI.

Laura merekomendasikan lima makanan pendamping ASI. Berikut ini makanan yang ia sarankan.

#Bubur beras
“Biasanya penyajian bubur beras buat Owen saya campur dengan ASI. Bagi yang produksi ASI-nya kurang optimal, bisa mencampurnya dengan susu formula. Untuk anak usia enam bulan yang baru kali pertama makan, saya sarankan memberi menu yang sama selama beberapa hari. Kemudian cek apakah si kecil alergi dengan makanan itu atau tidak,” ujar Laura.

#Pisang atau apel kukus
Bagi yang ingin memperkenalkan buah kepada anak, Laura menyarankan pisang dan apel, yang dikenal rendah risiko alergi. Selain itu, kandungan vitamin pada pisang dan apel sangat tinggi sehingga efektif menunjang sistem kekebalan tubuh anak.

#Alpukat
Setelah anak akrab dengan rasa pisang dan apel, Laura memperkenalkan alpukat kepada putranya. Buah ini kaya vitamin A, C, E, protein, lemak sehat, selenium, seng, dan karoten, yang menunjang daya tahan tubuh bayi. Tekstur lembut alpukat juga mudah dicerna bayi. 

#Brokoli
“Setelah enam bulan, kandungan zat besi dalam ASI menurun drastis. Berpijak dari fakta dan data itu, saya memilih sayuran dengan kandungan zat besi tinggi untuk diperkenalkan kepada si kecil. Ada banyak sayuran, salah satunya brokoli,” ucap Laura.

Selain kaya zat besi, brokoli mengandung vitamin K, magnesium, dan vitamin C, yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Brokoli juga dikenal tinggi antioksidan.

#Kentang
Kalau si kecil sudah akrab dengan bubur beras, jangan ragu memperkenalkan sumber karbohidrat lain. “Saya memperkenalkan kentang kepada Owen untuk mencukupi kebutuhan karbohidratnya. Saya perkenalkan dulu satu makanan kepada anak untuk dua atau tiga hari. Jika ia tidak mengalami alergi dan sembelit, ajak si kecil berkenalan dengan sumber pangan lain,” tutur Laura.

AURA

Artikel lain:
Laura Basuki Rawat Anak Sendiri Bikin Kian Mesra dengan Suami
Sandra Dewi Curhat Susah ASI, Ada Kiat Supaya Produksi ASI Banyak 
Ketahui Energi Saat Memberi ASI, Ibu Menyusui Masih Perlu Diet?

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."