Marshanda Ajarkan Putrinya Mandiri Sejak Umur 9 Bulan

Marshanda (instagam.com)

keluarga

Marshanda Ajarkan Putrinya Mandiri Sejak Umur 9 Bulan

Selasa, 27 Februari 2018 14:48 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Marshanda mengungkapkan bagaimana cara dia menanamkan kemandirian kepada putrinya, Sienna Ameerah Kasyafani yang kini berusia 5 tahun. Menurut Marshanda, pelajaran kemandirian buat putrinya itu sudah dimulai sejak usia 9 bulan, tepatnya ketika Marshanda menerapkan metode Baby Led Weaning.

Baby Led Weaning merupakan metode pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI yang membiarkan anak menyuapi diri sendiri ketika belajar makan. Metode yang dimulai pada bayi usia 6 bulan ini menekankan pada kemampuan anak untuk mengunyah makanan yang agak padat. Risikonya, makanan akan berantakan dan meja makan sampai lantai bakal kotor. Saat belajar makan sendiri ini, ibu harus tetap mendampingi dan mengawasi agar anak tidak tersedak.

"Waktu Sienna masih bayi saya enggak bekerja (syuting). Jadi saya full mengurus Sienna dan menjalankan semuanya sendiri," kata Marshanda. Sebelum menerapkan BLW, perempuan 28 tahun ini membaca banyak referensi tentang penerapan Baby Led Weaning, mengikuti instruksinya dan mempraktikkan langsung kepada Sienna.

Dari pernikahannya bersama Ben Kasyafani, Caca dikaruniai anak semata wayangnya, Sienna Ameerah Kasyafani. Usai bercerai pada pertengahan 2014, hak asuh Sienna jatuh ke tangan Ben dengan pertimbangan penyakit bipolar yang diderita Marshanda. Namun Ben tidak membatasi hubungan keduanya, sehingga Sienna kerap menghabiskan waktu bersama bundanya. Foto: instagram.com

Menurut Marshanda, metode BLW bagus untuk mengembangkan kemampuan motorik anak. Sebab, anak akan belajar memegang makanan secara langsung. "Pertama-tama dia makan pakai tangan, lama-lama pakai sendok dan garpu,” ucap Marshanda.

Marshanda terus melatih Sienna makan sendiri hingga berusia 2 tahun. Makanan yang dihidangkan untuk Sienna sebagian besar sayuran. Metode ini harus dilakukan secara konsisten. Bila sehari saja anak disuapi, maka anak akan kembali pada pola makan disuapi itu. "Nah, sekarang ini dia sudah enggak tinggal sama saya sehari-hari. Kadang sama ayahnya, kadang sama saya. Jadi dia balik lagi deh, makan disuapi,” kata Marshanda yang bercerai dari Ben Kasyafani 4 tahun lalu.

TABLOIDBINTANG