Tips Cari Guru Privat agar Anak Siap SBMPTN Tahun Depan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi anak belajar. Shutterstock

Ilustrasi anak belajar. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Persiapan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN mesti dilakukan sejak jauh hari. Orang tua sebaiknya membantu anak dalam menghadapi seleksi yang berlangsung secara nasional ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendukung anak mengikuti les atau bimbingan belajar.

Jika khawatir anak bakal kelelahan mengikuti bimbingan belajar di luar rumah, orang tua dapat memanggil guru privat ke rumah. Sebelum memilih guru privat, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Mengutip laman readingrockets, berikut empat tips memilih les privat:

Baca Juga:

# Ketahui tujuan
Diskusikan dengan anak mata pelajaran apa yang ingin dia kuasai. Dengan begitu, kebutuhan ilmu dan spesialisasi guru les yang datang bisa cocok. Setelah guru les privat datang, bicaralah bertiga tentang bantuan belajar yang dibutuhkan anak dan bagian mana yang belum dimengerti.

# Minta rekomendasi
Berkomunikasi dengan guru di sekolah terkait mata pelajaran apa yang belum dikuasai anak. Kalau perlu, minta rekomendasi dari guru sekolah untuk menunjukkan guru privat yang bagus. Selain guru di sekolah, orang tua juga bisa menanyakan guru les yang bagus dari sesama orang tua murid atau tetangga.

Ilustrasi belajar bersama. shutterstock.com

Baca Juga:

# Seleksi guru privat
Setelah mendapatkan beberapa nama calon guru privat, tanyakan apa latar belakang pendidikan mereka dan bagaimana pola komunikasi yang dia bagun dengan orang tua dan anak. Tanyakan juga metode belajar seperti apa yang akan dia berikan untuk anak, durasi waktu yang dibutuhkan, dan tentunya ongkos les privat.

# Pantau perkembangan anak
Perhatikan bagaimana sikap anak ketika bersama guru privatnya. Sesekali duduklah di tengah sesi belajar untuk memastikan mereka bisa berinteraksi dengan baik. Perhatikan prestasi anak sebelum dan sesudah mengikuti les.

Iklan

Berita Terkait

Berita terkait tidak ada


Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."