5 Ciri Emak Jaman Now, Ambil Sisi Positifnya ya Bunda

Ilustrasi ibu dan anak. Shutterstock

keluarga

5 Ciri Emak Jaman Now, Ambil Sisi Positifnya ya Bunda

Kamis, 22 Februari 2018 09:06 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Imbas era digital tak hanya terasa pada anak muda. Kaum ibu atau biasa disebut emak - emak juga terdampak dengan pesatnya penggunaan Internet. Jika anak muda yang melek digital disebut generasi jaman now, para ibu yang terbiasa menggunakan Internet untuk berbagai aktivitasnya juga punya julukan emak jaman now.

Lantas apa saja ciri - ciri emak jaman now yang selalu bersentuhan dengan Internet, baik untuk pekerjaan maupun sekadar menghilangkan penat? Berikut ini rinciannya:

1. Melek teknologiSesuai dengan karakter pertama yakni melek Internet, maka emak jaman now juga pandai menggunakan berbagai peralatan elektronik berbasis teknologi digital, seperti ponsel pintar, komputer tablet, dan lainnya. Gadget adalah sahabatnya, bahkan menjadi penentu status sosial.

Perilaku emak jaman now ini juga berbeda dengan ibu-ibu generasi sebelumnya. Mereka terbiasa mencari informasi lewat mesin pencari ketimbang membaca buku atau bertanya kepada tetangga. Mulai dari mencari resep sampai belanja, semua dilakukan secara online. Tak perlu repot ke pasar karena barang belanjaan bisa langsung diantar ke rumah.

Sisi positif dari emak jaman now adalah memiliki banyak informasi di kepalanya. Namun jika tidak selektif atau termakan hoax adalah sisi negatifnya.

2. Gaya hidup sehatEmak jaman now lebih peduli kesehatan seiring dengan banyaknya informasi kesehatan yang dia dapat dari Internet. Emak jaman now memperhatikan pola makan, diet, dan jenis olahraga yang cocok untuk berbagai usia. Namun di lain pihak, kaum hawa ini pasti tergoda untuk mencoba sesuatu yang baru, misalnya dengan berkunjung ke kafe atau restoran baru atau mencoba segala sesuatu yang berasal dari luar negeri.

Ilustrasi ibu mengawasi anaknya bermain gadget. shutterstock.com

3. Berpikiran terbukaEmak jaman now lebih terbuka dan cepat menerima perubahan. Mengenai pola mengasuh anak, sebagian besar ibu-ibu sekarang tak ingin membesarkan anak-anak mereka dengan cara yang sama seperti mereka dibesarkan. Emak jaman now ingin memberikan kesan menyenangkan, santai, dan suportif buat anak-anaknya.

4. SibukEmak jaman now tak bisa diam. Meski memilih menjadi ibu rumah tangga atau ibu bekerja, mereka punya banyak kesibukan lain supaya tetap produktif atau melakukan pekerjaan yang lebih fleksibel. Biasanya mereka tetap ingin melakukan sesuatu sesuai keinginan atau hasratnya. Tapi sesibuk apapun, keluarga tetap menjadi prioritas dan mereka bahagia menjalankan perannya sebagai orang tua.

5. Memperhatikan kualitasDengan akses informasi yang sangat terbuka, emak jaman now lebih selektif dalam memilih sesuatu untuk keluarga. Ketika memilih makanan misalnya, mereka ingin tahu detail bahan-bahannya dan bagaimana proses pembuatannya.

AURA