10 Sebab Pasangan Muda Ogah Menikah

cinta

10 Sebab Pasangan Muda Ogah Menikah

Senin, 19 Februari 2018 11:40 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita sering melihat pasangan yang bertahun-tahun pacaran namun belum juga menikah. Ada pula yang saling dekat seperti pasangan namun masing-masing menolak jika disebut kekasih. Kenapa mereka tidak memperjelas status dengan menikah? Bukankah pernikahan adalah tujuan dari setiap hubungan cinta bersama lawan jenis?

Baca juga:Pelajaran Wajib Syahnaz Sadiqah Sebelum MenikahRirin Ekawati Mau Nikah Lagi atau Tidak, Simak Kata PsikologYulhee LABOUM Akan Menikah Usia 20, 6 Sebab Perempuan Nikah Muda 

Mengutip Boldsky, ada satu alasan yang membuat orang tak kunjung memperjelas status hubungannya dengan pacar. Alasan itu adalah menolak berkomitmen. Ketika berkomitmen dan merealisasikannya dengan menikah, maka kehidupan pasangan akan berubah total. Lagipula, komitmen ini harus dipegang seumur hidup.

Sebab itu, perempuan dan lelaki di zaman modern lebih selektif dan menganggap memilih pasangan adalah keputusan paling sulit dalam hidup mereka. Ketimbang memasuki kehidupan pernikahan yang bermasalah, sebagian orang memilih berstatus lajang. Selain enggan berkomitmen, berikut ini beberapa alasan orang enggan menikah:

1. Tak punya waktu pacaranMengenal calon pasangan membutuhkan waktu dan kesabaran. Sebagian orang menolak menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya untuk hubungan yang belum pasti menjadi pasangan suami atau istrinya.

2. Tuntutan yang menakutkan dari pasanganAda pria atau wanita yang terlalu banyak menuntut pasangan. Keterbatasan dalam memenuhi tuntutan ini membuat mereka takut berkomitmen. Lebih baik mundur ketimbang hidup tak tenang karena banyak permintaan.

3. Tidak siap bertanggung jawabSetiap hubungan diikuti dengan tanggung jawab yang harus dipikul bersama. Tanggung jawab menjalin hubungan melibatkan kepedulian satu sama lain dan bersikap peka terhadap kebutuhan pasangan lainnya.

4. Banyak contoh gagalTerlalu banyak melihat atau mungkin merasakan rumah tangga yang gagal membuat orang menolak berkomitmen. Pengalaman pahit dari teman, ayah, ibu, bahkan diri sendiri yang berpisah dari pasangan menjadi pelajaran.

5. Tak bisa memilihBanyak sekali kriteria pasangan ideal yang dicari. Namun ketahuilah, tak ada orang yang sempurna dan sanggup memenuhi semua persyaratan itu. Kalau tidak ada yang memenuhi, mungkin orang tersebut beranggapan tak perlu menikah saja.

6. Ambisi karierSebagian besar pemuda saat ini terlalu ambisius mengenai karier mereka dan menghasilkan banyak uang. Mereka ingin menjadi kaya dan berkuasa dalam waktu singkat, dan ini membuat mereka mempertaruhkan kehidupan pribadi.

7. Tak mau berkorbanTidak siap berkorban apapun demi pasangan, dan di lain pihak berharap orang lain berkomitmen kepadanya. Kalau ini terjadi, namanya maunya menang sendiri dan tak ada orang yang cocok berpasangan dengannya.

8. Takut kehilangan kebebasan Kaum muda modern memilih hidup bebas dengan cara mereka sendiri. Sebab, kehidupan pernikahan menuntut kedisiplinan dan membuat mereka terperangkap dalam kewajiban yang tak berkesudahan.

9. Gangguan pribadiMasih ingin memiliki waktu sendiri, memuaskan keinginan pribadi, dan menolak berbagi dengan orang lain. Sikap seperti ini tentu belum cocok dia orang tersebut hendak membangun pernikahan.

10. Tanggung jawab melekatMembayangkan jika hubungan pernikahan gagal, terutama jika sudah punya anak, maka tanggung jawab kepada buah hati tetap melekat seumur hidup. Tanggung jawab ini membuat sebagian orang memilih hidup sendiri.