5 Buah Wajib di Tahun Baru Imlek, Pembawa Keberuntungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
seorang pedagang pakaian sedang menawarkan dagangannya di Pasar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, Senin, 5 Februari 2018. Tempo/Francisca Christy Rosana

seorang pedagang pakaian sedang menawarkan dagangannya di Pasar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, Senin, 5 Februari 2018. Tempo/Francisca Christy Rosana

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Warga Tionghoa merayakan tahun baru Imlek hari ini, Jumat 16 Februari 2018. Salah satu agenda wajib di tahun baru Imlek adalah makan bersama keluarga. Aneka hidangan tersaji dan punya makna tersendiri.

Baca juga:
5 Cara Mendatangkan Keberuntungan Saat Imlek
Shio yang Untung dan Apes di Imlek Tahun Anjing Tanah
Innisfree Luncurkan Produk Khusus Imlek 2018, Gambar Snoopy

Beberapa sajian yang wajib ada antara lain ikan bandeng sebagai simbol kekayaan dan mi yang dipercaya bikin umur panjang. Sebagai pelengkap, ada berbagai kue dan buah yang juga disuguhkan.

Khusus untuk buah, mengutip laman Stuff, ada jenis buah yang wajib ada saat Imlek. Lima buah ini diyakini membawa dan menambah keberuntungan sepanjang tahun.

1. Jeruk mandarin
Ilustrasi buah jeruk. Tempo/Charisma Adristy
Jeruk mandarin merupakan buah wajib saat Imlek. Dalam bahasa Kanton, nama jeruk mandarin terdengar seperti emas, sehingga buah ini menjadi simbol kemakmuran.

2. Apel
Ilustrasi kulit apel. Shutterstock

Apel dianggap membawa keberuntungan karena dalam bahasa Cina buah apel berarti "buah perdamaian". Selain itu, apel yang sebagian besar berwarna merah diasosiakan dengan perayaan. Buah ini juga cocok ditanam untuk mempercantik pekarangan di rumah.

3. Nanas
Ilustrasi nanas. wikipedia.org

Nanas dalam bahasa Cina terdengar seperti "kemakmuran". Itu sebabnya buah ini dianggap membawa keberuntungan.

4. Persik
Ilustrasi buah persik atau buah peach. gourmetegypt.com
Buah persik punya tempat khusus di mitologi China, yang melambangkan umur panjang.

5. Delima
Buah Delima. pomegranates.org
Buah delima berwarna merah ini adalah lambang kesuburan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."