5 Buah Wajib di Tahun Baru Imlek, Pembawa Keberuntungan

seorang pedagang pakaian sedang menawarkan dagangannya di Pasar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, Senin, 5 Februari 2018. Tempo/Francisca Christy Rosana

kuliner

5 Buah Wajib di Tahun Baru Imlek, Pembawa Keberuntungan

Jumat, 16 Februari 2018 10:30 WIB
Reporter : Antara Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Warga Tionghoa merayakan tahun baru Imlek hari ini, Jumat 16 Februari 2018. Salah satu agenda wajib di tahun baru Imlek adalah makan bersama keluarga. Aneka hidangan tersaji dan punya makna tersendiri.

Baca juga:5 Cara Mendatangkan Keberuntungan Saat ImlekShio yang Untung dan Apes di Imlek Tahun Anjing TanahInnisfree Luncurkan Produk Khusus Imlek 2018, Gambar Snoopy

Beberapa sajian yang wajib ada antara lain ikan bandeng sebagai simbol kekayaan dan mi yang dipercaya bikin umur panjang. Sebagai pelengkap, ada berbagai kue dan buah yang juga disuguhkan.

Khusus untuk buah, mengutip laman Stuff, ada jenis buah yang wajib ada saat Imlek. Lima buah ini diyakini membawa dan menambah keberuntungan sepanjang tahun.

1. Jeruk mandarinIlustrasi buah jeruk. Tempo/Charisma AdristyJeruk mandarin merupakan buah wajib saat Imlek. Dalam bahasa Kanton, nama jeruk mandarin terdengar seperti emas, sehingga buah ini menjadi simbol kemakmuran.

2. ApelIlustrasi kulit apel. ShutterstockApel dianggap membawa keberuntungan karena dalam bahasa Cina buah apel berarti "buah perdamaian". Selain itu, apel yang sebagian besar berwarna merah diasosiakan dengan perayaan. Buah ini juga cocok ditanam untuk mempercantik pekarangan di rumah.

3. NanasIlustrasi nanas. wikipedia.orgNanas dalam bahasa Cina terdengar seperti "kemakmuran". Itu sebabnya buah ini dianggap membawa keberuntungan.

4. PersikIlustrasi buah persik atau buah peach. gourmetegypt.comBuah persik punya tempat khusus di mitologi China, yang melambangkan umur panjang.

5. DelimaBuah Delima. pomegranates.orgBuah delima berwarna merah ini adalah lambang kesuburan.