Usai Rayakan Valentine, Hitung Berapa Uang yang Kamu Keluarkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi Valentine. freepik.com

Ilustrasi Valentine. freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Valentine sudah lewat. Coba ingat lagi apa yang kamu lakukan dengan kekasihmu kemarin, Rabu 14 Februari 2018. Orang bilang cinta butuh pengorbanan, dan itu benar adanya. Kemarin kamu berkorban demi kebahagiaan kekasih, begitu pula dia berkorban untuk membuatmu senang.

Baca juga:
5 Alasan untuk Membenci Hari Valentine
Valentine Anyep 2 Selebriti Muda dan Cantik
Dapat Bunga Valentine, Jujur Kamu Agak Kecewa kan

Setiap pengorbanan itu ada yang bernilai dan ada yang tidak. Setelah mengajaknya jalan-jalan, makan malam romantis, memberikan kado Valentine kesukaannya, kemudian mengantarnya pulang, kamu mungkin baru sadar kalau dompetmu kian menipis. Kembali lagi, semua butuh pengorbanan.

Kamu sudah berkorban waktu, tenaga, pikiran, dan uang untuk membahagiakan kekasih. Mengutip ShopBack, untuk membeli hadiah Valentine misalnya, setiap orang menghabiskan uang sekitar Rp 500 ribu. Temuan ini didasarkan pada survei yang dilakukan oleh ShopBack kepada 1100 responden dari beberapa daerah dengan kisaran usia 18 hingga 38 tahun.

Sejumlah pengunjung memilih kado Valentine di toko suvenir di kawasan Lasinrang, Makassar, Rabu (13/2). Menjelang hari Valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari, sejumlah toko suvenir ramai dikunjungi remaja Makassar untuk berburu pernak pernik sebagai simbol kasih sayang. TEMPO/Iqbal Lubis

Survei menunjukkan rata-rata keseluruhan responden rela menghabiskan Rp 456 ribu untuk membeli kado Valentine. Separuh atau 55,1 persen dari responden itu mengalokasikan anggaran kado Valentine mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu rupiah. Sebanyak 23,9 persen responden menyediakan anggaran Rp 600 ribu, dan sisanya lebih dari Rp 600 ribu.

Alokasi dana untuk membeli kado Valentine diperoleh dari penghasilan atau menyisihkan sebagian pendapatan sejak beberpaa bulan sebelumnya. Rata-rata responden menghabiskan 15 persen dari gaji mereka untuk merayakan Valentine bersama orang terkasih.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."