Kahiyang Ayu dan Marissa Nasution Alami Pregnancy Glow

Kahiyang Ayu (AntaraNews.com)

kecantikan

Kahiyang Ayu dan Marissa Nasution Alami Pregnancy Glow

Kamis, 8 Februari 2018 07:02 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kahiyang Ayu dan Marissa Nasution sedang mengandung. Sejumlah orang memuji kecantikan mereka yang kian terpancar ketika hamil. Pujian ini bukan klise. Sebab, ada penjelasan ilmiah kenapa ibu hamil terlihat lebih cantik dari biasanya.

Baca juga: Kahiyang Ayu Hamil, Perhatikan Kebutuhan Gizi Ibu Hamil MudaKahiyang Ayu Hamil, Mitos atau Fakta Nanas Bahaya Buat Ibu Hamil

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari RSCM Dwiana Ocviyanti mengatakan, mereka yang terlihat kian cantik saat hamil berarti mengalami pregnancy glow atau kulit bersinar saat sedang mengandung. “Pada saat hamil, hormon yang akan meningkat di antaranya adalah estrogen dan progesteron," kata Dwiana.

Kahiyang Ayu. Instagram

Jika hormon estrogen lebih tinggi, maka ibu hamil mendapat keuntungan karena kulitnya akan bagus bercahaya. Dwiana menjelaskan, perubahan kondisi kulit menjadi lebih bercahaya tidak terjadi pada semua ibu hamil. “Kalau hormon estrogen yang dominan, (kulit) wajah menjadi bagus dan bercahaya. Tapi, kalau progesteron yang meningkat, wajah akan menjadi jerawatan,” katanya.

Kenaikan hormon progesteron akan memproduksi lebih banyak minyak. Jika produksi minyak berlebih, wajah rentan berjerawat. Selain itu, salah satu hormon yang meningkat saat hamil adalah melanocyte-stimulating hormone (MSH). Jika hormon MSH meningkat, flek hitam akan muncul di wajah atau area lainnya, seperti leher, ketiak, dan area lipatan.

Marissa Nasution. Instagram

Efek peningkatan hormon pada kulit hanya akan terjadi selama masa kehamilan. Jika mengalami keluhan, Dwiana menyarankan berkonsultasi ke dokter kulit agar mendapat penanganan yang tepat. “Efek itu hanya akan terjadi pada saat hamil saja," ujar Ketua Program Studi Program Pendidikan Dokter Universitas Indonesia tersebut.

Adapun dokter kulit Patricia Wexler mengatakan, salah satu sebab lain ibu hamil memiliki kulit lebih cerah karena volume darah ketika hamil meningkat 50 persen. "Ini membuat pipi berwarna kemerahan karena pembuluh darah membesar tepat di bawah permukaan kulit," katanya.

MAGNULIA SEMIAVANDA HANINDITA