Kahiyang Ayu Hamil, Mitos atau Fakta Nanas Bahaya Buat Ibu Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Kahiyang Ayu. Instagram

Kahiyang Ayu. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kahiyang Ayu dikabarkan tengah hamil. Informasi ini diketahui dari unggahan makeup artist Bennu Suromba di akun Instagram-nya. Bennu mengucapkan selamat seraya mendoakan agar putri Presiden Joko Widodo itu selalu sehat. Menanggapi unggahan itu, sejumlah selebritas dan warganet mengucapkan selamat kepada Kahiyang dan Bobby Nasution.

Baca juga:
Kahiyang Ayu Hamil: Kamu Pakai Batik Enggak Hari Ini?

Baru-baru ini, Kahiyang mengunggah foto diri di akun Instagram-nya. Mengenakan luaran batik, bagian perut Kahiyang tampak belum terlalu besar. Bisa jadi, Kahiyang tengah hamil muda dengan usia kandungan belum sampai tiga bulan.

Ibu yang sedang hamil muda biasanya dilarang makan buah nanas. Sebagian orang percaya buah nanas dapat memicu keguguran atau melahirkan dini. Mengutip situs Healthline, tak ada bukti ilmiah yang menunjukkan nanas berbahaya bagi ibu hamil.

Kahiyang Ayu. Instagram

Jika ditilik dari kandungan gizinya, nanas mengandung vitamin C dosis tinggi, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan vitamin B6. Nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan perkembangan janin. Adapun zat bromelain di dalam nanas yang dikhawatirkan dapat memicu perdarahan belum terbukti secara empiris.

Hanya, memang perlu diperhatikan jika ibu hamil mengkonsumsi buah nanas berlebihan. Kandungan asam pada nanas bisa membuat perut ibu terasa panas atau mungkin ada yang alergi dengan buah ini. Beberapa reaksi alergi yang ditimbulkan akibat makan buah nanas, antara lain gatal atau bengkak di mulut dan kulit, asma, hingga hidung tersumbat.

Ilustrasi nanas panggang. Shutterstock

Reaksi alergi biasanya terjadi dalam hitungan menit setelah mengkonsumsi nanas. Orang-orang yang alergi serbuk sari atau lateks, kemungkinan besar juga alergi terhadap nanas. Namun, jika masih khawatir apakah mengkonsumsi buah nanas akan berisiko bagi kehamilan, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."