Perempuan Lebih Percaya Zodiak Ketimbang Pria karena...

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi zodiak. Shutterstock

Ilustrasi zodiak. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat bangun tidur atau sebelum tidur, ada satu hal yang biasa dilakukan oleh sebagian besar perempuan : mengecek zodiak atau ramalan bintang. Mengutip survei yang dilansir oleh Gallup News pada 2009 menunjukkan perempuan cenderung percaya ramalan zodiak ketimbang pria.

Baca juga:
Ini Tipe Orang Tua Menurut Zodiak, Cek Zodiak Ayah Ibumu
Gerhana Bulan Malam Ini, 6 Zodiak yang Terdampak Gerhana Bulan

Laporan tersebut mencatat sebanyak 28 persen perempuan menjadikan ramalan bintangnya sebagai tuntunan dalam percintaan, keuangan, karier, kesehatan, dan lainnya. Lantas kenapa perempuan lebih percaya zodiak daripada pria?

Penulis dan profesor sosiologi dari Pitzer College, California, Amerika Serikat, Phil Zuckerman mengatakan sifat dan sikap lelaki yang cenderung mendominasi atau berkuasa membuatnya tak perlu mencari petunjuk dalam hidup karena dia bisa menentukan sendiri arahnya. "Sedangkan perempuan beralih dengan mecari kenyamanan secara psikologis dengan mempercayai sesuatu yang supranatural," ujarnya.

Jajak pendapat yang dilakukan Gallup News pada 2009 tadi menunjukkan wanita dua kali lipat lebih banyak menemui cenayang atau peramal ketimbang pria. Perempuan juga cenderung lebih religius. Kepercayaan pada zodiak ini dapat dianggap sebagai efek dari kehidupan sosial yang lebih didominasi oleh pria.

Adapun Profesor Gad Saad dari Universitas Concordia, Kanada, menyatakan perempuan cenderung mempercayai ramalan zodiak karena lokus kendali external. Lokus kendali ini merupakan konsep psikologis yang mendefinisikan seberapa besar kendali yang dimiliki seseorang terhadap apa yang terjadi dalam hidupnya. Seseorang dengan lokus kendali eksternal percaya mereka tidak memiliki banyak kendali terhadap apa yang terjadi dalam hidupnya, sehingga dia berserah pada takdir.

Sebaliknya, seseorang dengan lokus kendali internal percaya mereka mampu mengontrol segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya. Secara statistik, wanita memang memiliki kecenderungan memiliki lokus kendali eksternal. “Skor wanita lebih tinggi ketimbang pria dalam lokus kendali eksternal. Hal tersebut menjadi alasan mengapa perempuan lebih memercayai ramalan zodiak,” kata Saad.

MASHABLE | SATRIA DEWI ANJASWARI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."