Shafa Harris Tato Bibir, Ketahui Rambu Sebelum Bikin Tato

Shafa Harris. TABLOIDBINTANG.COM

kesehatan

Shafa Harris Tato Bibir, Ketahui Rambu Sebelum Bikin Tato

Senin, 22 Januari 2018 13:30 WIB
Reporter : Astria Putri Nurmaya Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Tato menjadi bentuk ekspresi seseorang. Entah karena seni, idologi, atau pesan lain yang ingin disampaikan melalui rajah di tubuh. Baru-baru ini, Shafa Harris menunjukkan tato baru di tubuhnya. Tato itu terdapat pada bagian tubuh yang tak semua orang menempatkan tato di situ, yakni di bibir bawah bagian dalam.

Di akun Instagram, Shafa Harris menunjukkan tato bertuliskan 'KING' yang dibuat 2 hari lalu. "Seni di bibirku," tulis remaja 14 tahun itu. Sebelumnya, Shafa Harris juga pernah mengunggah foto memakai tube dress hitam yang menunjukkan tato bertuliskan "Sarita" di dekat tulang selangka kiri.

Shafa Harris dengan tato bertuliskan KING di bibir. Instagram

Menurut survei yang dimuat Journal of American Academy of Dermatology pada 2006, ada beberapa hal yang dipertimbangkan sebelum memutuskan merajah tubuh. Beberapa di antaranya adalah seperti apa bentuk tato, di mana letaknya, dan siapa yang dipercaya untuk menggambar tato.

Shafa Harris dengan tato bertuliskan nama ibunya, Sarita di dekat tulang selangka kiri. Instagram

“Seni tato adalah sesuatu yang harus dilakukan seaman mungkin dan di lingkungan yang steril," ujar Dokter Spesialis Kesehatan Masyarakat yang juga ahli pengobatan preventif di Alberta Health Services di Kanada, Christopher Sikora. Selain 3 pertimbangan tadi, dia mengingatkan agar orang yang hendak merajah tubuh memperhatikan hal berikut ini:

1. Jangan minum aklohol atau obat penenang sebelum atau ketika hendak ditato.

2. Jangan menjalani atau mentato dalam keadaan sakit.

3. Pastikan jarum masih baru dan steril.

4. Pastikan studio tato punya mesin sterilisasi.

5. Perhatikan dan pastikan area mentato bersih.

6. Minta agar seniman tato mencuci tangan dan memakai sarung tangan steril.

7. Periksa rincian bahan dan alat yang akan digunakan sebelum kamu ditato, sekaligus nama penato, sampai lisensi praktek. Menurut Christopher Sikora, sebagai pelanggan kamu berhak meminta kejelasan demi keamanan.

8. Ikuti saran pemulihan dengan benar. Contoh, pakai salep sesuai dosis untuk mencegah infeksi di sekitar area tato.

GLOBALNEWS | WEBMD | CNN | ASTRIA PUTRI NURMAYA | RINI K