Kiat Mudah Jaga Kesehatan Anak Selama Libur Panjang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi anak-anak bermain bersama. shutterstock.com

Ilustrasi anak-anak bermain bersama. shutterstock.com

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Libur panjang selalu menyenangkan karena bisa menghabiskan waktu untuk bersenang-senang bersama keluarga. Namun pada libur panjang, banyak juga yang jatuh sakit karena tidak terbiasa dengan peralihan dari rutinitas pekerjaan dan sekolah ke masa liburan. Sebab itu, pastikan terus menjaga kesehatan anak pada saat liburan panjang.

Baca juga:
Cara Menikmati Libur Panjang Supaya Lebih Menyenangkan

Dokter spesialis anak Catharine M. Sambo mengatakan adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak saat libur panjang. Terutama ketika anak-anak turut merayakan malam pergantian tahun yang membuat mereka terjaga sampai dini hari.

“Biasakan anak untuk sering cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, praktikkan etika batuk dan bersin dengan menutup hidung dan mulut ketika bersin atau batuk, jaga kebersihan peralatan dan mainan,” tutur Catharine.

Ilustrasi anak bermain/ adik-kakak. TEMPO/Aditia Noviansyah

Untuk menjaga kondisi kesehatan anak, berikan makanan bernutrisi dan istirahat yang cukup. Bila libur panjang diisi dengan acara ke luar kota atau luar negeri, pastikan untuk memberikan vitamin kepada anak setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Kendati sedang liburan, jangan sampai anak kurang istirahat dan mengkonsumsi makanan sembarangan. Hal tersebut dapat menyebabkan anak rentan sakit pada musim liburan. “Cegah dehidrasi dengan minum yang cukup. Selain itu, gunakan waktu liburan panjang untuk mengcek kesehatan dan lengkapi status imunisasi,” lanjut Catharine.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."