Alasan Harus Menyertakan Zat Ini dalam Makanan Sehari-hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi sop daging. Youtube.com

Ilustrasi sop daging. Youtube.com

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Gaya hidup sehat semakin diterapkan banyak orang zaman now. Mereka menjadi sangat teliti soal makanan dan apa manfaat dan keburukan dari makanan tersebut.

Lalu, zat atau mineral apa sajakah yang diperlukan oleh manusia untuk mewujudkan hidup sehat? Berikut lima yang terpenting versi US News.

Baca juga:
Tertawa Itu Sehat Bukan Sekadar Ungkapan
10 Penyebab Kerusakan Gigi

1. Protein
Protein adalah makronutrien penting yang mengandung asam amino. Ketika mengkonsumsi protein maka tubuh memproduksi asam amino yang memiliki berbagai manfaat, di antaranya membentuk otot, kesehatan tulang, dan imunitas. Dari mana protein bisa didapat? Banyak makanan yang mengandung protein, tinggal pilih dan sesuaikan dengan keuangan. Daging sapi, ayam, telur, dan produk susu, termasuk yogurt, mengandung protein tinggi. Tahu, susu kedelai, dan kacang-kacangan lain juga mengandung banyak potein.

2. Lemak tak jenuh
Banyak orang yang masih bingung lemak seperti apa yang boleh dikonsumsi dan tidak berbahaya. Lemak tak jenuh adalah yang baik dan tak mengganggu kesehatan dan bisa didapat dari kacang kedelai, minyak zaitun, dan banyak sumber lain, seperti susu kedelai, kacang polong, ikan salmon dan tuna, serta kacang-kacangan seperti kenari dan almond.

3. Vitamin dan mineral
Hampir semua orang tahu bahwa vitamin dan mineral sangat penting. Semua vitamin, A, D, E, K, B, dan C sangat dibutuhkan tubuh. Begitu pula mineral macam kalsium dan zat besi.

4. Probiotik, prebiotik, dan flavonoid
Meski tak dianggap sebagai komponen yang paling dasar yang dibutuhkan tubuh, probiotik, prebiotik, dan flavonoid tetap penting buat kesehatan. Probiotik sering juga disebut bakteri baik dan sangat membantu pencernaan dan bisa didapat dari makanan yang difermentasi, seperti yogurt dan tempe. Sementara itu, prebiotik bisa didapat dari pisang, madu, bawang merah, dan bawang putih. Flavonoid dianggap baik buat kesehatan jantung dan bisa didapat dari berbagai makanan seperti buah-buahan, sayuran, semua produk kedelai, teh, anggur merah, dan coklat hitam.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."