5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan: Baik untuk Usus, Kulit, dan Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi alpukat. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi alpukat. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sederhana, memuaskan, lembut, dan nikmat. Itulah gambaran tentang alpukat. Buah ini benar-benar merupakan topping yang sempurna untuk banyak hidangan, asalkan Anda dapat memilih di tingkat kematangannya. Belum lagi, manfaat alpukat bagi kesehatan sama mengesankannya dengan rasanya.

Alpukat bisa dibilang salah satu makanan paling lezat dan serbaguna. Sahabat Cantika bisa mengirisnya di atas roti panggang, menumbuknya menjadi guacamole, atau mencampurkannya ke dalam smoothie.

“Lemak seperti alpukat merupakan bagian penting dari setiap makanan, karena menyediakan nutrisi penting seperti vitamin E, serat, dan potasium,” kata Taylor Fazio, kata ahli diet dan penasihat kesehatan di The Lanby, New York. Manfaat buah alpukat bisa berdampak pada kulit, rambut, dan pencernaan Anda. 

Faktanya, rasa netral dan nutrisi yang kuat adalah alasan utama mengapa alpukat bertahan dalam ujian waktu. Rasanya enak saat Anda memakannya dan membantu Anda merasa nyaman setelahnya. Di sini, para ahli menyetujui banyak manfaat kesehatan dari alpukat.

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Alpukat membantu tubuh Anda bekerja dan merasa lebih baik – mulai dari usus dan jantung, hingga kulit dan rambut Anda.

1. Alpukat kaya akan asam lemak omega-3

Alpukat kaya akan asam lemak omega-3, sejenis lemak yang terbukti mendukung kesehatan jantung, kata Taylor Fazio kepada Popsugar. Selain alpukat, ikan, minyak zaitun, dan kacang-kacangan juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik.

Menurut jurnal ilmiah Circulation, sebuah penelitian besar terhadap orang yang mengonsumsi kapsul suplemen asam lemak omega-3 mengalami penurunan kematian sebesar 20 persen dan penyakit jantung sebesar 15 persen.

Jurnal tersebut juga mencatat bahwa asam lemak omega-3 telah terbukti "sedikit" mengurangi tekanan darah saat istirahat dan menurunkan lemak tubuh, "keduanya dapat meningkatkan kesehatan jantung."

2. Alpukat baik untuk usus Anda

Alpukat kaya akan serat, dengan satu porsi (50 gram atau sepertiga buah alpukat) mengandung tujuh gram serat. Serat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap teratur dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus Anda. 

Sebuah studi tahun 2021 di Journal of Nutrition menemukan bahwa, di antara 163 orang dewasa yang dianggap kelebihan berat badan, orang yang mengonsumsi alpukat setiap hari memiliki konsentrasi asam empedu tinja yang lebih rendah.

Konsentrasi asam empedu yang lebih tinggi dapat menyebabkan peradangan usus dan dikaitkan dengan pertumbuhan mikroba berbahaya yang terkait dengan hal-hal seperti kanker usus besar.

3. Alpukat dapat membantu mengurangi peradangan

Alpukat telah dikaitkan dengan pengurangan peradangan dalam tubuh, dengan ekstrak biji alpukat menunjukkan sifat anti-inflamasi dalam studi laboratorium tahun 2019 dari Penn State. 

Ini mungkin karena alpukat juga dikaitkan dengan konsentrasi asam empedu tinja yang lebih rendah, dan konsentrasi yang lebih tinggi menyebabkan peradangan usus. Namun, penelitian terbaru membantah efektivitas alpukat sebagai anti-inflamasi, dan diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal ini untuk memastikan manfaat kesehatan ini.

4. Alpukat kaya akan mikronutrien

Secara umum, alpukat merupakan sumber banyak mikronutrien penting, termasuk vitamin C, E, dan K, ditambah riboflavin, magnesium, potasium, dan banyak lagi. Alpukat juga kaya akan folat, nutrisi yang sangat penting selama kehamilan.

5. Alpukat baik untuk rambut dan kulit Anda

Masker wajah alpukat memang bagus, namun ternyata mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari juga dapat berdampak besar pada kulit Anda.

Sebuah studi tahun 2022 dalam Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa wanita yang makan satu buah alpukat sehari selama delapan minggu mengalami peningkatan elastisitas dan kekencangan kulit yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak. Hal ini berkaitan erat dengan kandungan nutrisi alpukat dan semua asam lemak omega-3, yang berperan dalam kesehatan rambut Anda. 

Sebuah studi tahun 2015 dari Journal of Cosmetic Dermatology bahkan menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6 selama enam bulan, bersama dengan antioksidan (juga ditemukan dalam alpukat) bertindak secara efisien melawan kerontokan rambut dengan meningkatkan kepadatan rambut pada wanita.

Nah, Sahabat Cantika, itulah 5 manfaat alpukat untuk kesehatan. Ternyata mengonsumsi buah hijau ini setiap hari memiliki manfaat yang luar biasa. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Pilihan Editor: Jaga Kadar Gula Darah, Catat Tips Menyimpan Alpukat Matang Agar Tahan Lama

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."