Trip ke IKN, Melihat Istana Presiden dan Area Glamping Tamu VIP

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Area glamping tamu VIP di Ibu Kota Nusantara. TEMPO/Supriyantho Khafid

Area glamping tamu VIP di Ibu Kota Nusantara. TEMPO/Supriyantho Khafid

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu Kota Nusantara atau IKN kini memiliki daya tarik bagi wisatawan yakni melihat progres pembangunan calon ibu kota baru tersebut. Misalnya, pada trip yang diadakan di Rumah Teknologi Nusantara di IKN, Kamis, 30 Mei 2024.

Pengunjung mendengarkan penjelasan tentang rencana pembangunan calon ibu kota Indonesia. Di antara para pengunjung itu adalah Kepala Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan Nusa Tenggara Barat Rico Rinaldi. 

''Kami ingin melihat dari dekat kompleks ini, '' kata dia, dalam acara famtrip Forum Wartawan Ekonomi Nusa Tenggara Barat atau FWE NTB ke IKN. Dia juga mendatangi lokasi rencana dibangun kantor pusat OJK. 

Dipandu Sersan TNI AD Andi Rustandi yang sudah 3 tahun bertugas di kompleks IKN, pengunjung kemudian diajak melihat kompleks Istana Presiden, Sekretariat Negara, bakal calon tempat tinggal ASN dan rumah glamping untuk tempat menginap VIP yang teduh di antara pohon yang tinggi. 

Dari ketinggian kawasan area glamping, pengunjung bisa melihat kompleks IKN lebih luas. Selama konstruksi IKN, terdapat 14 ribu orang pekerja yang berada di 60 titik lokasi pekerjaan. 

Pembangunan Ibu Kota Nusantara. TEMPO/Supriyantho Khafid

Cara ke IKN

IKN belum memiliki bandara komersial sendiri. Pengunjung datang melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan yang berada di Balikpapan. Jarak dari Balikpapan ke IKN sekitar 170 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. 

Meski belum resmi menjadi ibu kota, lalu lintas menuju IKN sudah lumayan ramai, baik kendaraan menuju maupun kendaraan yang kembali. Jalan tol maupun bukan jalan tol cukup mulus sehingga perjalanan tetap nyaman walaupun jauh. 

Saat ini, pengunjung terbatas sampai di Rumah Teknologi Nusantara, tapi sudah bisa mendapat gambaran utuh tentang IKN. Rumah ini menempati bekas kediaman Bupati Penajam Paser Utara (PPU) di Kecamatan Sepaku. 

Di sana, ada petugas yang bisa memberikan penjelasan yang berkaitan dengan pembangunan IKN. Pengunjung juga disuguhi dengan pameran informatif mengenai gambaran pembangunan IKN ke depan yang dikemas dengan desain artistik dan teknologi interaktif. 

Pilihan Editor: Sederet Selebritis yang Ikut Jokowi Meninjau IKN, dari Aurelie Moeremans hingga Asri Welas

SUPRIYANTHO KHAFID | MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."