Kentang Rebus vs Kentang Panggang, Mana yang Lebih Sehat?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kentang panggang dengan rempah-rempah di atas cast iron. Freepik.com/Timolina

Ilustrasi kentang panggang dengan rempah-rempah di atas cast iron. Freepik.com/Timolina

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKentang rebus dan panggang memiliki manfaat kesehatan yang berbeda-beda. Apa yang Anda pilih di antara keduanya bergantung pada tujuan kesehatan Anda. Makanan pokok yang populer di banyak belahan dunia, seseorang dapat membuat berbagai resep dengan kentang sederhana. 

Meskipun sayuran memiliki manfaat tersendiri karena mengandung banyak vitamin dan mineral penting, kentang yang kaya akan karbohidrat dapat meningkatkan gula darah dan menyebabkan obesitas. Hidangan seperti Kentang Goreng dan Aloo Tikki terkenal menyebabkan penambahan berat badan dan menempatkan seseorang pada risiko penyakit jantung, diabetes, dan penyakit kronis lainnya.

Namun, memanggang atau merebus kentang bisa menjadi cara yang lebih sehat bagi pecinta aloo untuk menikmati makanan favoritnya. Kedua proses memasak ini tidak menambah kalori ekstra pada kentang sehingga membuatnya lebih bergizi. Baik merebus maupun memanggang mempertahankan lebih banyak nutrisi dibandingkan menggoreng, sehingga dapat menurunkan beberapa nutrisi karena panas yang tinggi.

Merebus atau memanggang, mana cara memasak kentang yang lebih sehat?

Dr Archana Batra, ahli gizi dan pendidik diabetes bersertifikat mengatakan ketika memilih antara kentang rebus dan panggang, keputusan sering kali bergantung pada preferensi pribadi dan tujuan diet.

“Kedua metode persiapan tersebut memiliki manfaatnya masing-masing, dan memahami hal ini dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat,” katanya.

Dr Batra membandingkan manfaat kesehatan dari kentang rebus dan kentang panggang dan menyarankan pilihan yang lebih sehat, tergantung pada tujuan kesehatan Anda.

Manfaat kentang rebus untuk kesehatan

Ilustrasi kentang rebus. Mykingcook.com

1. Kentang rebus seringkali dianggap lebih sehat karena kandungan kalorinya yang lebih rendah. 

2. Saat direbus, kentang mempertahankan sebagian besar vitamin dan mineralnya, seperti Vitamin C, B6, dan potasium, yang penting untuk berbagai fungsi tubuh.

3. Merebus juga meningkatkan kandungan pati resisten pada kentang. Pati resisten bermanfaat bagi kesehatan usus dengan bertindak sebagai prebiotik, memberi makan bakteri baik di usus Anda.

4. Selain itu, kentang rebus memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan kentang yang dipanggang, yang berarti kentang rebus memiliki dampak yang lebih kecil terhadap kadar gula darah, menjadikannya pilihan yang lebih baik bagi individu yang mengelola diabetes.

Manfaat kentang panggang untuk kesehatan

1. Memanggang kentang menyebabkan sebagian kandungan airnya menguap, sehingga rasa dan nutrisinya terkonsentrasi.

2. Cara memasak ini juga memastikan kulit kentang menjadi renyah dan beraroma dengan tetap mempertahankan kandungan seratnya yang tinggi.

3. Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan, dan mengonsumsi kulitnya dapat memberikan manfaat yang signifikan.

4. Selain itu, kentang panggang mengandung lebih banyak potasium per porsi dibandingkan kentang rebus, sehingga bermanfaat untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Direbus atau dipanggang, mana yang lebih enak?

Meskipun preferensi individu berbeda-beda, banyak orang menganggap kentang panggang lebih beraroma daripada kentang rebus. Dr Batra menjelaskan caranya.

“Proses memanggang membuat gula alami dalam kentang menjadi karamel, sehingga meningkatkan rasanya. Kulit kentang panggang yang renyah dan bagian dalam yang empuk dapat menghasilkan hidangan yang memuaskan dengan tambahan topping sederhana seperti bumbu, sedikit keju, atau sesendok. yoghurt Yunani. Kentang rebus, meski rasanya lebih lembut, bisa digunakan dalam hidangan seperti salad atau kentang tumbuk, menyerap rasa bahan tambahan dengan baik,' kata sang ahli.

Kentang rebus dan panggang memiliki manfaat kesehatan dan profil rasa yang berbeda. Kentang rebus lebih rendah kalori dan memiliki indeks glikemik lebih rendah, sehingga cocok untuk menggabungkan gula darahnya. Kentang panggang adalah pilihan lezat dan kaya serat dengan rasa yang kaya dan kandungan potasium yang lebih tinggi. Pilihan di antara keduanya pada akhirnya bergantung pada tujuan kesehatan dan preferensi pribadi Anda.

Pilihan Editor: Cara Merebus Kentang yang Tepat, Ada 6 Langkahnya

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."