Kreasi Resep Pizza Carbonara Hanya dalam 30 Menit, Cocok untuk Menu Akhir Pekan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Pizza Carbonara/Foto: Instagram: tuttopuosuccedere

Pizza Carbonara/Foto: Instagram: tuttopuosuccedere

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPizza Carbonara adalah salah satu makanan istimewa yang langsung memberikan kenyamanan. Rasa lembut dan asin dari pasta tradisional tetap klasik dengan tambahan adonan pizza yang lembut dan mozzarella yang meleleh. Pancetta yang renyah dan Pecorino yang tajam menghiasi adonan pizza sebelum dimasukkan ke dalam oven, dan setelah kerak mulai mengembang dan keju meleleh, telur menghiasi bagian atasnya. Menambahkan telur di tengah proses memasak memastikan telur tidak terlalu matang—kuning telur yang encer adalah suatu keharusan dalam resep pizza carbonara ini.

Rencanakan untuk mengeluarkan adonan pizza dari lemari es 1 hingga 2 jam sebelum dimasak untuk memastikan adonan benar-benar berada pada suhu ruangan sebelum diregangkan. Istirahatkan adonan selama 5 hingga 10 menit sebelum melanjutkan.

JIka akhir pekan kamu belum tahu mau buat camilan apa, kreasi resep pizza carbonara bisa kamu coba:

Bahan-bahan

4 ons pancetta potong dadu atau daging cincang tebal

1 pon adonan pizza segar, pada suhu kamar

Tepung serbaguna, untuk taburan

2 cangkir keju mozzarella susu utuh yang diparut

1/4 cangkir keju Pecorino Romano, parut, ditambah lagi untuk topping

1/4 sdt lada hitam bubuk, ditambah lagi untuk topping

1 telur besar

1 kuning telur besar

1 sdm daun bawang cincang, untuk topping

Cara Membuat: 

1. Panaskan oven hingga 450°F dengan rak di posisi ketiga bawah. Tempatkan pancetta dalam wajan besar. Masak dengan api sedang, aduk sesekali, hingga berwarna keemasan dan mulai garing, sekitar 6 menit. Hapus dari api. Pindahkan pancetta ke piring berlapis kertas tisu untuk ditiriskan.

2. Regangkan adonan secara perlahan menjadi bulatan berukuran 12 inci di atas permukaan kerja yang diberi sedikit tepung. Pindahkan ke loyang yang sudah ditaburi sedikit tepung. Taburi secara merata dengan mozzarella dan Pecorino Romano, sisakan batas 3/4 inci di sekeliling tepinya. Taburi dengan pancetta matang dan taburi dengan merica.

3. Panggang hingga kerak mengembang namun masih pucat dan keju meleleh, kurang lebih 8 menit. Sementara itu, masukkan telur dan kuning telur ke dalam mangkuk kecil atau gelas takar (jangan dikocok).

4. Keluarkan rak berisi pizza dengan hati-hati dari oven dan taruh telur di tengah pizza. Dengan menggunakan garpu, sebarkan putih telur dengan hati-hati ke area yang lebih luas untuk membantu telur matang secara merata. Kembali ke oven dan panggang sampai putihnya matang dan kuningnya encer, sekitar 5 menit.

4. Pecahkan kuning telur dengan sendok dan taburkan ke seluruh pizza, jika diinginkan. Taburi dengan daun bawang, Pecorino Romano, dan beberapa butir merica.

Pilihan Editor: Kreasi Resep Blueberry Cake Sehat, Pakai Tepung Jagung

REAL SIMPLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."