7 Makanan yang Kaya Vitamin B7, Ada Pisang hingga Kuning Telur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Berikut makanan yang mengandung vitamin B7. Foto: Pinterest/nutricommit.com.

Berikut makanan yang mengandung vitamin B7. Foto: Pinterest/nutricommit.com.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Biotin atau yang biasa dikenal dengan vitamin B7 atau vitamin H ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Melansir dari Heathline, vitamin B7 penting untuk kesehatan mata, rambut, kulit, otak hingga fungsi hati. 

Zat makanan ini larut di dalam air, artinya tubuh Anda tidak akan menyimpannya. Untuk itu, kita perlu mengonsumsinya jika ingin kebutuhan harian tercukupi.

Meski tidak ada batasan konsumsi, namun Recommended Daily Allowance (RDA) atau Tunjangan Harian yang Direkomendasikan serta Estimated Average Requirement (EAR) merekomendasikan asupan biotin untuk orang dewasa rata-rata adalah 30 mcg per hari.

Berikut Cantika merangkum tujuh makanan yang kaya akan vitamin B7. 

1. Alpukat 

Selain tinggi folat dan lemak tak jenuh, alpukat juga kaya akan biotin. Buah berwarna hijau berukuran sedang (200 gram) ini mengandung sekitar 1,85 mcg biotin atau 6 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Anda bisa langsung memakannya, atau dijadikan selai dalam roti panggang, salad, hingga burrito.

2. Kacang-kacangan

Jika ingin mendapatkan manfaat vitamin B7 dalam kacang-kacangan, kamu bisa mencarinya di kacang tanah dan kedelai. Untuk diketahui, satu porsi kacang panggang 28 gram mengandung 5 mcg biotin atau 17 persen dari keperluan biotin harian yang direkomendasikan.

3. Kuning telur

Kuning telur memiliki kandungan yang cukup tinggi. Pasalnya, telur rebus seberat 50 gram dapat menghasilkan 10 mcg atau 33 persen dari kebutuhan biotin yang direkomendasikan.

Pastikan saat ingin mengonsumsinya, Anda harus memasaknya hingga matang ya. Hal ini untuk mengurangi risiko adanya bakteri Salmonella serta penyerapan biotin yang sempurna.

4. Biji-bijian

Sama seperti kacang-kacangan, biji-bijian juga merupakan salah satu sumber vitamin B7. Sebagai contoh 20 gram biji bunga matahari panggang dapat menghasilkan 2,6 mcg atau 10 persen dari keperluan biotin yang direkomendasikan.

5. Hati sapi

Hati sapi adalah makanan yang perlu kamu pertimbangkan jika ingin mencukupi kebutuhan vitamin B7, lho. Pasalnya, 75 gram hati sapi yang telah dimasak sempurna mampu menghasilkan 31 mcg atau 103 persen dari kebutuhan biotin yang direkomendasikan.

6. Pisang

Selain nikmat dijadikan olahan makanan, pisang juga kaya akan vitamin B7. Satu buah pisang kecil seberat 105 gram dapat menyediakan 0,2 mcg atau 1 persen dari keperluan biotin yang direkomendasikan.

7. Jamur

Selain banyak dijadikan bahan makanan sehat, faktanya kandungan vitamin B7 dapat melindungi mereka dari predator di alam liar, lho.

Sebagai informasi, 120 gram jamur kancing kalengan mengandung 2,6 mcg biotin yang hampir 10 persen dari kebutuhan biotin harian yang direkomendasikan.

Sedangkan, 70 gram jamur kancing cincang bisa menghasilkan 5,6 mcg atau 19 persen dari keperluan biotin harian yang direkomendasikan.

Itu dia tujuh makanan yang kaya vitamin B7. Yuk jaga kesehatan dan cukupi kebutuhan biotin harianmu, ya Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 8 Sayuran Tinggi Protein, Ada Edamame hingga Bayam

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."