Rumus Kepemimpinan CEO Agate Shieny Aprilia: Terus Gali Inovasi dan Kreativitas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Shieny Aprilia, Co-Founder & CEO Agate. Foto: Dok. Pribadi

Shieny Aprilia, Co-Founder & CEO Agate. Foto: Dok. Pribadi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Shieny Aprilia merupakan salah satu representasi perempuan petinggi dalam industri game di Indonesia. Dia merupakan Chief Executive Officer (CEO) Agate, perusahaan pengembang permainan alias game. Bersama 17 sosok lainnya, dia mendirikan Agate pada tahun 2009 silam.

Selama memimpin salah satu perusahaan pengembang permainan terbesar di Asia Tenggara, Shieny terus memastikan pertumbuhan perusahaan berkelanjutan dengan membentuk fondasi yang kuat.

"Seperti saat ini, Agate terus berkomitmen untuk mengembangkan bisnis secara global sebagai game development partner yang dapat diandalkan dan menjadi katalisator pertumbuhan industri game lokal melalui peningkatan kapasitas dan pengembangan ekosistem game di Indonesia," ucap Shieny dalam jawaban wawancara tertulis yang diterima Cantika, 7 Mei 2024.

"Di Agate, saya juga terus menggali inovasi dan kreativitas karena industri game ini sangat dinamis dan kompetitif. Di mana penting untuk terus-menerus mencari cara baru guna memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar," kata lulusan Teknik Informatika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Tak cuma itu, Shieny beserta pendiri lainnya terus mengedepankan pengembangan dan kesejahteraan tim. Tujuannya agar mereka yang bekerja di Agate bisa mendapat kesempatan untuk pengembangan karir dan mengasah keahlian para talent lokal untuk mendorong percepatan pertumbuhan industri game di tanah air melalui Agate Academy.

"Kami juga menanamkan nilai-nilai yang menjadi pedoman untuk para tim di dalam perusahaan, yaitu Positivity, Collaboration, Excellence, dan Level Up," ucapnya.

Dengan nilai atau value tersebut, diharapkan Agate dapat menjadi tempat bagi berbagai talenta dari segala budaya dan latar belakang untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan melalui karya-karya game," ucapnya.

Shieny Aprilia, Co-Founder & CEO Agate. Foto: Dok. Pribadi

Tantangan Menjadi Pimpinan di Perusahaan Game

Seperti pimpinan lainnya, Shieny pun menghadapi beragam tantangan dari waktu ke waktu. Tantangan itu dapat berupa persaingan yang ketat karena industri game lokal dan global saat ini sudah sangat kompetitif dengan banyaknya perusahaan pengembang game yang bersaing untuk menarik perhatian pemain.

Dalam mengatasi tantangan tersebut, Shieny mengatakan perlu adanya inovasi-inovasi dalam mengembangkan produk yang berkualitas dalam memahami pasar di industri game dengan adanya dukungan dari berbagai tim terkait juga.

"Sebagai pemimpin di Agate, agar perusahaan dapat terus berhasil dan memimpin di industri game, penting bagi saya dan tim untuk terus memahami tren pasar dan kebutuhan pemain," ucapnya.

"Serta, tantangan lainnya dalam hal mengelola dan mempertahankan talenta, sebagai pemimpin perlunya bagi saya dan berbagai departemen terkait untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan membangun budaya perusahaan yang positif, seperti hingga saat ini, Agate telah menciptakan lingkungan kerja yang mendukung work-life balance bagi crew kami," katanya.

Manajemen Waktu ala Shieny Aprilia

Dalam manajemen waktu, Shieny mengatakan mengatur jadwal dan disiplin adalah kunci. Misalnya, di hari kerja dan pagi sampai sore hari adalah jadwal dia bekerja. Adapun pagi sebelum bekerja dan di malam hari merupakan jadwal dia mengurus rumah tangga dan kegiatan personal lainnya. Meski demikian, dia berupaya fleksibel saat menghadapi perubahan yang terjadi.

"Namun tentu saja ada jadwal yang harus berubah misalnya ketika ada acara atau meeting pekerjaan di malam hari atau akhir pekan atau sebaliknya jadwal mengantar anak cek ke dokter di hari kerja, yang membuat saya perlu mengatur jadwal lagi mengikuti perubahan tersebut," ucapnya.

Selain itu, menurut Shieny, delegasi dan sistem pendukung (support system) juga berperan penting.

"Di pekerjaan, saya memiliki tim yang capable dan dapat dipercaya, sehingga banyak hal sudah dapat dilakukan sendiri oleh mereka dengan baik. Di rumah tangga, saya memiliki suami yang sangat mau terlibat dalam urusan rumah tangga apa pun dan juga ibu dan pengasuh anak yang sangat membantu dalam pengasuhan anak saya," ucap Shieny Aprilia.

Pilihan Editor: Mengenal lebih Dekat Zahra Aisha, Sosok Lady Gamer dalam Dunia eSport

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."