6 Cara Ibu Menunjukkan Kasih Sayang melalui Rutinitas Sehari-hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak dan ibu memasak bersama. shutterstock.com

Ilustrasi anak dan ibu memasak bersama. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak cara ibu menunjukkan kasih sayangnya salah satunya melalui rutinitas atau kebiasaan sehari-hari. Kasih sayang mereka terpancar dalam rutinitas paling sederhana, sehingga menciptakan lingkungan yang penuh kasih dan perhatian. Kondisi itu tentunya mendukung kesejahteraan dan kebahagiaan seluruh keluarga termasuk anak-anak mereka. Berikut sejumlah cara ibu mengungkapkan kasih sayang melalui kebiasaan sehari-hari.

1. Memasak makanan favorit anak mereka

Salah satu cara paling umum yang dilakukan para ibu untuk menunjukkan kasih sayangnya adalah dengan menyiapkan makanan. Memasak untuk keluarga bukan hanya tentang memberi makan, melainkan tentang memastikan bahwa semua orang sehat dan bahagia.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Education and Behavior, anak-anak yang rutin makan bersama keluarga cenderung lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan makanan bergizi lainnya. Upaya para ibu dalam merencanakan, berbelanja, dan memasak makanan adalah tindakan cinta sehari-hari yang bermanfaat bagi seluruh keluarga.

2. Rumah yang bersih bagaikan surga

Menjaga rumah tetap bersih dan teratur adalah cara lain para ibu menunjukkan kepedulian mereka. Lingkungan yang rapi dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan emosional anak secara signifikan.

Penelitian dari Universitas Princeton menemukan bahwa kekacauan dapat membuat Anda sulit fokus pada tugas dan dapat meningkatkan stres. Dengan menjaga kebersihan rumah, para ibu menciptakan ruang yang tenang dan nyaman di mana anak dapat berkembang.

3. Mendampingi anak melakukan pekerjaan rumah

Membantu pekerjaan rumah merupakan rutinitas yang menunjukkan komitmen seorang ibu terhadap pendidikan dan pertumbuhan pribadi anaknya. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan dapat menghasilkan prestasi akademik yang lebih baik dan sikap yang lebih positif terhadap sekolah. Baik itu menjelaskan soal matematika atau mengoreksi esai, para ibu selalu siap membantu, memastikan anak mereka sukses secara akademis.

4. Mendukung secara emosional

Memberikan dukungan emosional merupakan salah satu cara ibu menunjukkan rasa sayang. Mulai dari mendengarkan kekhawatiran anak hingga memberikan pelukan yang menenangkan, ibu berperan penting dalam perkembangan emosi anak.

Menurut American Psychological Association, dukungan emosional dari orang tua dikaitkan dengan tingkat kesehatan mental anak yang lebih baik dan lebih tinggi. Interaksi sehari-hari ini membantu anak-anak merasa dihargai dan dipahami.

5. Menciptakan rutinitas sehari-hari

Menciptakan dan mempertahankan rutinitas sehari-hari adalah cara lain para ibu menunjukkan rasa cinta mereka. Rutinitas yang konsisten membantu anak-anak merasa aman dan memahami apa yang diharapkan setiap hari.

American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa rutinitas dapat meningkatkan perilaku dan membuat anak merasa lebih aman, yang pada akhirnya mendukung perkembangannya. Dari cerita sebelum tidur hingga rutinitas pagi hari, aktivitas terstruktur ini menenangkan dan bermanfaat.

6. Membangun perilaku yang baik

Ibu juga menunjukkan kasih sayang dengan memberikan contoh yang baik melalui perilakunya sendiri. Anak-anak sering kali belajar dengan mengamati orang tuanya. Dengan mengajarkan rasa hormat, kebaikan, dan ketekunan, para ibu membangun nilai-nilai ini pada anak-anaknya.

Penelitian dalam jurnal Developmental Psychology menunjukkan bahwa anak-anak yang mengamati perilaku positif orang tuanya, kemungkinan besar akan menunjukkan perilaku tersebut pada dirinya sendiri. Peragaan kebiasaan baik setiap hari ini merupakan bentuk pengajaran dan kasih sayang yang kuat.

Pilihan Editor: Buat Ibu Baru, Ini 7 Tips Menemukan Momen untuk Me Time

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."