Serba-serbi Kecap Ikan: Pembuatan, Profil Rasa, dan Cara Menyimpan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kecap Ikan. wikipedia.org

Kecap Ikan. wikipedia.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda bertanya kepada koki bahan apa saja yang selalu mereka miliki, kemungkinan besar kecap ikan masuk di dalam daftarnya. Bumbu populer Asia ini terbuat dari ikan yang difermentasi. Fungsi kecap ikan sebagai penambah rasa yang kuat dan dapat digunakan untuk memberikan rasa umami di berbagai hidangan. Dengan kata lain, jika Anda memiliki kecap ikan bisa dipastikan masakan Anda tidak akan terasa hambar.

Apa itu Kecap Ikan?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kecap ikan merupakan bumbu dan bahan masakan yang terbuat dari ikan yang difermentasi, khususnya ikan teri yang telah diasinkan. Ini banyak digunakan dalam masakan Asia, tetapi memiliki kualitas umami yang dapat memberikan peningkatan rasa pada berbagai macam hidangan. Dan, perlu diingat gunakan sedikit saja.

Pembuatan Saus Ikan

Baca Juga:

Menurut para ahli di Red Boat (alias pembuat kecap ikan terkenal), kecap ikan dimulai dengan ikan teri segar yang kemudian ditaburi garam dalam jumlah banyak dan dibiarkan berfermentasi dalam tong selama setidaknya 12 bulan.

Selama masa fermentasi, ikan terurai sempurna dan yang tersisa hanyalah cairan yang sangat asin dan pedas yang disaring dan dituang ke dalam botol.

Profil Rasa Saus Ikan

Jika Anda tidak terbiasa memasak dengan bahan tersebut, Anda mungkin akan terkejut dengan aroma kecap ikan yang kuat. Sama seperti kecap, konsentrasi glutamat yang tinggi dalam kecap ikan menyebabkan profil rasanya yang kuat dan gurih.

Baca Juga:

Namun kecap ikan memiliki rasa yang lebih kaya dan lebih dalam dibandingkan kecap. Ditambah lagi, berkat bahan dasar ikan teri, kecap ikan juga memiliki rasa asin dan tajam.

Berikut profil rasa kecap asin:

- Agak amis (baunya lebih kuat dari rasanya)

- Rasa umami yang dalam

- Asin

- Sedikit tajam

Cara Menggunakan Kecap Ikan

Meski baunya yang menyengat, rasa gurih dan umami dari kecap ikan sebenarnya berpadu cukup baik dengan berbagai jenis makanan. Tentu saja, bumbu ini adalah penambah rasa yang cocok untuk segala jenis masakan yang terinspirasi dari Asia.

- Hidangan pasta yang membutuhkan ikan teri (pasta puttanesca, misalnya)

- Sup yang memiliki dasar kuah bening

- Gorengan

- Bumbu untuk daging (yaitu ayam panggang dan steak)

- Tumis sayuran

- Telur orak-arik

Cara Menyimpan Kecap Ikan

Kecap asin yang sudah dibuka sebaiknya disimpan di dalam kulkas dan menggunakan isinya dalam waktu satu tahun untuk kesegaran optimal. Meskipun demikian, botol kecap asin yang dibuka atau belum dibuka akan baik-baik saja pada suhu kamar.

Pilihan Editor: 9 Bahan Pengganti Kecap Asin, dari Kaldu Jamur Kering hingga Pasta Miso

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Berita terkait tidak ada


Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."