Warna Bendera Palestina jadi Fashion Statement Cate Blanchett di Festival Film Cannes 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Gaun yang dikenakan Cate Blanchett di Festival Film Cannes 2024 dimaknai warganet sebagai dukungan untuk Palestina/Foto: Instagram/hfc_mag

Gaun yang dikenakan Cate Blanchett di Festival Film Cannes 2024 dimaknai warganet sebagai dukungan untuk Palestina/Foto: Instagram/hfc_mag

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Cate Blanchett turut menghadiri Festival Film Cannes 2024. Tadi malam, dia menghadiri pemutaran perdana dunia The Apprentice, sebuah film biografi kontroversial tentang Donald Trump muda, yang dibintangi oleh aktor Marvel Sebastian Stan dan bintang Succession Jeremy Strong. 

Namun yang menarik ialah gaun Cate Blanchett membuat orang membicarakan hal lain.
Perempuan asal Australia ini mengenakan gaun custom dari Jean Paul Gaultier rancangan Haider Ackermann dari koleksi Couture Spring 2023. Perbedaan utamanya adalah gaun Blanchett memiliki rangkaian yang lebih panjang dan warna aslinya adalah hitam, biru periwinkle, dan hijau limau. Sedangkan gaun Blanchett berwarna hitam, putih, dan hijau zamrud khas bendera Palestina. 

Warganet menangkap fakta bahwa warna gaun Blanchett, ditambah karpet merah yang ia jalani, merupakan warna bendera nasional Palestina. Kita tidak dapat mengetahui secara pasti apakah ini adalah niat Blanchett, namun para penonton nampaknya cukup yakin. Jika benar, pernyataan tersebut akan menjadi sebuah pernyataan yang luar biasa jika diucapkan di karpet merah salah satu festival film terbesar di dunia, bahkan pernyataan yang lebih besar lagi jika diucapkan di film biografi Donald Trump.

Bagi sebagian orang, pesan yang dibawa Cate Blanchett ke karpet merah Cannes terdengar keras dan jelas. Pada awalnya, gaun Jean Paul Gaultier dengan potongan off-the-shoulder yang pas bentuknya – dirancang oleh desainer Prancis kelahiran Kolombia Haider Ackermann – tampak seperti gaun hitam sederhana. 

Namun saat Blanchett bergerak, kamera menangkap bagian belakang gaunnya, yang tampak berwarna putih. Saat dia mengangkat kelimannya, mereka juga menangkap lapisan dalamnya yang berwarna hijau. Di hadapan karpet merah, Blanchett tampil berjalan sebagai penghormatan kepada bendera Palestina.

Blanchett menata gaunnya dengan sangat berbeda untuk pemutaran perdana film biografi Donald Trump The Apprentice di Cannes dibandingkan dengan versi aslinya untuk persembahan busana Jean Paul Gaultier. “Pakaian tersebut tidak terlihat seperti saat pertama kali ditampilkan di peragaan busana,” kata Freya Drohan, seorang penulis mode yang berbasis di New York. “Gaun yang sebelumnya serba hitam kini menjadi dua warna, sangat mirip dengan bendera Palestina.”

Senada dengan Freya, Suzy Tamimi, seorang perancang busana Palestina-Amerika yang tinggal di Brooklyn, melihat gaun Blanchett sebagai “simbol solidaritas yang cerdas dan jelas”. Gaun Blanchett yang mungkin menonjolkan diri muncul di karpet pada saat beberapa penggemar memikirkan kembali hubungan mereka dengan budaya selebriti.

Selama musim penghargaan awal tahun ini, sangat umum bagi selebriti untuk memakai pin Artists For Ceasefire, dengan artis seperti Billie Eilish, Ramy Youssef, anggota boygenius, dan banyak lagi yang memakai pin merah kecil. Gaun bendera, meski kurang eksplisit, bisa dibilang membuat perhatian lebih besar. Dan entah dia sengaja atau tidak, dia telah mengalihkan pembicaraan di Cannes ke Gaza.

Pilihan Editor: Cate Blanchett Bergaya Sophisticated dengan Ansambel Turtleneck dan Rok Tutu

STYLE CASTER | THE GUARDIAN 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."