Mana Lebih Baik, Setrika atau Steamer Pakaian untuk Menghilangkan Kekusutan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perlengkapan setrika.

Ilustrasi perlengkapan setrika.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setrika atau steamer pakaian digunakan saat menyetrika baju. Fungsi utama kedua alat tersebut adalah menghilangkan kusut di baju. Lantas, mana yang lebih baik? Jawabannya tergantung pada jenis kain, waktu yang tersedia, dan cara menggunakannya menurut ahli.

Penggunaan Steamer Pakaian

Lauren A. Rothman, pendiri Style Auteur, perusahaan konsultan mode yang berbasis di Washington, D.C., Amerika, merekomendasikan untuk menggunakan steamer pakaian. “Kesalahan pengguna saat menggunakan steamer pakaian berkurang. Karena pakaian di gantungan, menaruhnya di pengait, dan menyalakan steamer," ucapnya dikutip dari laman Real Simple, Sabtu, 18 Mei 2024.

Menurut Rothman, steamer pakaian mudah untuk dikemas, jadi Anda dapat memasukkannya ke dalam koper untuk mengatasi baju kusut saat transit, dan Anda tidak perlu repot dengan pengaturan atau keseluruhan pengaturan.

Steamer pakaian juga sangat cocok untuk sebagian besar jenis pakaian dan kain, termasuk kain halus sutra, kasmir, dan wol. Dan bersinar untuk pakaian yang sangat sulit untuk disetrika, seperti rok lipit. "Rok akordeon, misalnya, sangat sulit disetrika, bahkan pembersih kering pun tidak bisa melakukannya," kata Rothman. Saat itulah steamer pakaian berguna.

Penggunaan Setrika

Jika Anda mengenakan seragam atau ingin kemeja untuk wawancara penting, setrika adalah pilihan Anda. Selama Anda memperhatikan pengaturannya, setrika ini dapat digunakan pada kain yang halus—pastikan Anda memilih pengaturan yang sesuai sebelum Anda menyetel setrika pada pakaian Anda.

Baca Juga:

Setrika juga bagus untuk serbet dan taplak meja, di mana Anda mencari lipatan yang tajam dan pengepresan yang mulus. "Setrika ini benar-benar dirancang untuk tampilan yang tajam," kata Rothman.

Cara Menggunakan Steamer Pakaian

Setiap alat penghilang kerutan memiliki teknik yang sedikit berbeda, jadi pastikan Anda menggunakan strategi yang tepat untuk alat dan pakaian Anda.

Untuk menggunakan steamer pakaian, isi alat dengan air, dan tunggu (biasanya satu atau dua menit) hingga Anda melihat uap keluar. Pegang steamer pakaian satu atau dua inci dari pakaian Anda—jangan sentuhkan ke kain. Jalankan steamer pakaian dengan gerakan ke atas dan ke bawah, sambil menghaluskan kain.

Cara Menggunakan Setrika

Langkah pertama adalah sesuaikan suhu dengan jenis kain Anda selagi Anda menunggu. Pertimbangkan untuk menyemprot pakaian Anda dengan semprotan anti kusut atau tepung kain.

Meskipun Anda dapat menggunakan setrika di atas meja, di lantai (dengan bantalan dan pelindung), atau di papan mini, Rothman menyarankan untuk membeli papan setrika lengkap dan menyiapkan tempat Anda di tempat yang memudahkan Anda bermanuver di sekitar papan setrika.

Pilihan Editor: Tujuh Cara Agar Kaus Tidak Mudah Belel, Jangan Gunakan Pemutih

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."