Tips Merapikan Pakaian Tanpa Setrika, Lipat di Bawah Kasur dan Semprotan Buatan Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perlengkapan setrika.

Ilustrasi perlengkapan setrika.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang malas menyetrika? Walau pun menyetrika jadi tugas yang berat, terkadang. tidak ada cukup waktu untuk merapikan pakaian Anda.Untungnya, Anda tidak terlalu membutuhkan setrika untuk menghilangkan kusut pada pakaian. Yuk, simak tips merapikan pakaian tanpa setrika dalam artikel ini. 

Faktanya, cara ini ini memerlukan lebih sedikit usaha dan waktu. Dari menggunakan pengering rambut hingga semprotan anti kusut. 

Untuk pakaian seperti kemeja dan celana yang seluruh bagiannya kusut (bukan area kecil, seperti kerah), memasukkannya kembali ke dalam pengering dapat menyelesaikan pekerjaan. Trik ini paling cocok untuk pakaian berbahan katun, namun juga bisa digunakan untuk pakaian berbahan katun campuran. 

Berikut tips merapikan pakaian tanpa setrika

1. Masukkan Pakaian ke Dalam pengering

Tambahkan handuk lembap, namun tidak basah kuyup. Penambahan ini akan menghasilkan uap dan membantu menghilangkan kerutan. Kain lap lembap juga bisa digunakan untuk satu benda kecil. Beberapa pengering terbaik memiliki fitur uap, jadi Anda dapat melewati langkah ini jika pengering Anda memiliki fungsi tersebut.

Caranya, pertama letakkan pengering pada pengaturan tinggi selama lima hingga 10 menit dan kedua keluarkan item tersebut segera setelah siklusnya selesai, atau item tersebut akan kusut lagi. Lalu, kenakan atau simpan di gantungan.

Cara termudah untuk menghilangkan kusut adalah dengan mencegahnya sejak awal. Gunakan siklus pencucian yang lembut, dan jangan membebani pengering Anda secara berlebihan. Membiarkan pakaian panas Anda di pengering lebih lama dari yang diperlukan akan menjamin pakaian Anda kusut. Keluarkan pakaian dari pengering saat masih hangat, lalu lipat atau simpan pakaian dengan benar di gantungan sesegera mungkin untuk menghindari kusut.

2. Gunakan Lembar Pengering atau Bola Wol

Seprai pengering dan bola wol dapat membantu mencegah timbulnya pakaian kusut—dan dapat membantu menghilangkannya jika memang terjadi. Untuk memperbaiki pakaian kusut, basahi sedikit kain pengering atau bola wol dan masukkan ke dalam pengering bersama pakaian selama 10 menit untuk membantu menghilangkan kerutan.

3. Tambahkan Es Batu ke Pengering

Melemparkan es batu ke dalam pengering bersama pakaian Anda yang kusut juga dapat membantu menghilangkan kusut yang mengganggu tersebut. Setelah menambahkan beberapa es batu, atur pengering pada pengaturan panas tertinggi dan biarkan berjalan selama siklus berlangsung. Es batu akan meleleh dan menghasilkan uap sehingga menghilangkan kerutan.

4. Pengering Rambut

Pengering rambut dapat memberikan keajaiban dalam mengatasi kusut, terutama jika Anda bepergian dan memiliki pilihan terbatas. Untuk mengatasi kerutan ini, letakkan benda yang kusut di gantungan, lalu basahi bagian yang kusut dengan sedikit air. Air kemasan adalah pilihan terbaik karena air keran mengandung mineral yang berpotensi menyebabkan noda.

Nyalakan pengering rambut dan fokuskan panas pada bagian pakaian yang paling kusut. Anda juga dapat menghaluskannya dengan tangan jika diperlukan. Pastikan Anda tidak memegang pengering terlalu dekat dengan pakaian karena berisiko membakar kain.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."