Ragam Gaya Fashion Kahiyang Ayu Berbalut Kebaya dan Wastra Nusantara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kahiyang Ayu/Foto: Instagram/Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu/Foto: Instagram/Kahiyang Ayu

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Figur publik dan putri kedua Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu kerap mengunggah foto saat mengenakan kebaya dan wastra Nusantara khususnya dari desainer Indonesia Mel Ahyar. Berikut gaya fashion Kahiyang Ayu yang dihimpun CANTIKA: 

1. Kebaya Peranakan 

Kahiyang Ayu/Foto: Instagram/Kahiyang Ayu

Dalam rangka memeringati Hari Raya Imlek, istri Bobby Nasution ini mengenakan kebaya peranakan warna merah marun karya Mel Ahyar.  "Selamat Tahun Baru lmlek 2024," tulisnya.  Kahiyang tampil dengan makeup bold dan tatanan sleek hair berbalut kebaya peranakan, terdapat aksen kerah cheong sam dan detail manik-manik berjuntai. 

2. Kebaya modern dan penutup kepala 

Kahiyang Ayu/Foto: Instagram/Kahiyang Ayu

Menghadiri acara pawai Colorful Medan Carnival 2023, Kahiyang tampil anggun mengenakan adat Batak yang dipadukan kebaya modern warna dusty peach. Ansambelnya dilengkapi dengan kain dan selendang bercorak. Tak lupa ia melengkapinya dengan aksesori penutup kepala khas Batak. 

Salah satu nama penutup kepala dari Batak ialah Bulang. Bagi perempuan adat Simalungun di Sumatera Utara, Bulang sebagai penutup kepala perempuan juga memiliki jenis berdasarkan kegunaannya: bulang sulappei untuk adat atau pesta, bulang siteget untuk pengantin, bulang gijang untuk yang berusia tua, dan bulang salalu untuk dipakai sehari-hari.

"Meriah, penuh warna dan berbudaya, seperti itu suasana Pawai Colorful Medan Carnival 2023. Beragam kebudayaan yang ada di Kota Medan tampil memukau, dari tarian hingga pakaian adat. Suasanya semakin seru karena komunitas seni dan hobi juga ikut memeriahkan pawai," tulisnya. 

3. Kain songket

Kahiyang Ayu/Foto: Instagram/Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu mengunggah foto bertema bulan Ramadan. Dalam foto tersebut, Ayang sapaan akrabnya tampil anggun berbalut kain songket Palembang yang telah menjelma busana ready to wear. 

Perempuan kelahiran 20 April 1991 ini tampil manglingi dengan kain songket motif bunga cino rancangan desianer Mel Ahyar. Melalui tangan dingin fashion stylist langganannya Doley Tobing, Ayang begitu feminin. 

Sebagai atasan ia mengenakan baju kurung dari songket warna keemasan dan hijau gelap, terdapat detail selendang di sisi kiri pundak. Kemudian untuk bawahan ia memamai kain songket senada dengan warna keemasan dan cokelat Tak lupa Ayang menyematkan kerudung pashmina dan brooch sebagai pelengkap dari Anom Silver.

4. Kebaya brokat dan kain batik 

Potret Kahiyang Ayu berkebaya dan kain batik. Foto: Instagram/@ayanggkahiyang

Kahiyang Ayu mengunggah potret dan video pemoretan dia berkebaya dan kain batik. Unggahan terbaru di akun Instagramnya itu menandai perayaan Hari Kartini 2024 yang jatuh pada akhir pekan kemarin. Ibu tiga anak itu tampil anggun berkebaya brokat modern koleksi House of Dimas Singgih.

Kebaya potongan asimetris warna hijau lime itu dilengkapi detail kancing depan dan aksen bahu tinggi. Dia memadukan kebaya tersebut dengan rok panjang batik coklat potongan lurus dengan belahan belakang. Untuk melengkapi penampilannya, dia memakai anting, bros dua tingkat, dan gelang warna emas. Alas kaki yang dia pakai terlihat sandal hak rendah warna senada kebaya.

5. Baju kurung dan kain 

Kahiyang Ayu/Foto: Instagram/Kahiyang Ayu

Ibu tiga anak ini  mengunggah foto saat berbalut baju kurung dari desainer langganannya, Mel Ahyar. "Aku memilih untuk bahagia," tulisnya dalam keterangan singkat. 

Istri Boby Nasution terlihat anggun dalam balutan baju kurung dengan basic warna putih membentuk sedikit asimetris. Busana tersebut bertabur beads bunga-bunga tiga dimensi warna hitam dan peach. Ia memadukannya dengan rok satin silk warna baby blue dengan corak bunga warna peach. 

Poin yang menjadi statement lainnya ia mengenakan selendang yang dibentuk kerudung berbahan tile dengan aksen senada. Sementara untuk riasan wajahnya, ibu tiga anak ini terlihat flawless dengan makeup naturalnya. Untuk melengkapi tampilannya ia menjinjing hand bag warna baby blue dan flat shoes warna krem.  

Pilihan Editor: Kahiyang Ayu Unggah Potret Terbaru, Warganet: Temanya Bisa Masuk Met Gala

SILVY RIANA PUTRI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."