4 Gejala Kanker Ginjal yang Perlu Diwaspadai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ginjal. Shutterstock

Ilustrasi ginjal. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKanker adalah penyakit di mana terjadi pertumbuhan sel-sel tubuh yang tidak normal, sehingga penderitanya merasakan sakit. Ini adalah salah satu penyakit yang dapat terjadi di sebagian besar bagian tubuh dan menyebabkan kerusakan parah. Bicara soal kanker ginjal, ini merupakan salah satu jenis kanker yang menjadi perhatian utama karena jumlah kasusnya yang terus meningkat di seluruh dunia. Berdasarkan statistik, sebanyak 1 dari 442 pria dan 1 dari 600 wanita di India berisiko terkena kanker ginjal, dengan pengamatan bahwa pria memiliki peluang lebih tinggi dibandingkan wanita untuk menderita penyakit tersebut.

Gejala Kanker Ginjal

Kanker ginjal adalah jenis kanker yang mungkin menunjukkan gejalanya atau tidak pada tahap awal, namun masih dapat diidentifikasi jika diamati dengan cermat.

1. Darah dalam urine

Seorang pasien yang menderita kanker ginjal biasanya memiliki jumlah darah yang tinggi di tubuhnya, sehingga menyebabkan perubahan warna urin saat buang air kecil, menjadi merah muda atau coklat tua.

2. Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan

Menurut Konsultan Senior Dr. Bhavna Bansal dan HOD, Histopatologi - Oncquest Laboratorium, pasien kanker ginjal mungkin sering kehilangan nafsu makan karena rasa sakit, mual, atau sesak napas. Karena seseorang merasa sangat lelah atau muak saat makan.

"Hal ini sebagian besar terlihat pada kanker stadium lanjut, selaras dengan gejala umum lainnya seperti demam, nyeri tubuh, sakit perut, dan kelelahan,” ucapnya.

3. Benjolan di area panggul

Jika seseorang merasakan benjolan atau massa di area ginjal, maka itu adalah gejala kanker yang serius dan harus segera diperiksakan ke dokter. Namun, ada kalanya benjolan ini terlalu kecil untuk diperhatikan oleh pasien atau bahkan dokter, sehingga USG dapat dicoba.

4. Nyeri punggung

Orang yang merasakan nyeri hebat di punggung atau sisi antara tulang rusuk dan pinggul mungkin adalah pasien kanker ginjal. Bahkan rasa sakit di punggung bagian bawah juga merupakan gejala penyakit, jika rasa sakit ini terus berlanjut, segera temui dokter dan lakukan tes kanker untuk menghindari komplikasi di kemudian hari.

Pengobatan Kanker Ginjal

Ada empat stadium kanker ginjal yang didiagnosis setelah pemeriksaan tertentu seperti USG, CT Scan, biopsi, dan tes urin. Setelah itu, pengobatan biasanya dimulai dengan pengangkatan kanker melalui pengobatan bedah (nefrektomi) atau non-bedah (cryoablasi dan ablasi frekuensi radio).
Kesimpulannya

Kanker ginjal merupakan salah satu jenis kanker yang perlu dicermati berdasarkan gejalanya karena kanker ini menyebar lebih cepat dan menunjukkan gejala utama setelah mencapai stadium II atau lebih. Seperti jenis lainnya, kanker ini juga dapat disembuhkan pada tahap awal sebelum menembus lapisan luar ginjal.

Pilihan Editor: 15 Buah yang Bantu Jaga Kesehatan Ginjal, Wajib Coba!

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."