15 Buah yang Bantu Jaga Kesehatan Ginjal, Wajib Coba!

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Buah plum. Freepik.com/KamranAydinov

Buah plum. Freepik.com/KamranAydinov

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyakit gagal ginjal sedang menjadi perhatian serius masyarakat akhir-akhir ini. Mengkonsumsi buah bisa memberikan manfaat baik pada pasien dengan gagal ginjal. Namun ternyata tidak semua buah punya manfaat yang sama baiknya untuk kesehatan ginjal. Salah satu buah yang sebaiknya dikurangi konsumsinya adalah buah dengan kadar kalium tunggi. Makan buah dengan tinggi kalium bisa membuat ginjal semakin sulit untuk memproses zat itu. 

Pasien dengan gagal ginjal pun disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gizi dalam memilih makanan terbaiknya. Untuk menambah daya tahan, pasien gagal ginjal bisa menambah menu buah-buahan ini yang dianggap baik untuk ginjal dalam piring kamu. Buah-buahan terbaik untuk ginjal cukup mudah ditemukan dengan harga yang masih relatif terjangkau.

Berikut 15 buah yang bantu jaga kesehatan ginjal secara alami dari berbagai sumber.

1. Buah Naga

Mengkonsumsi buah naga ternyata sangat bagus untuk kesehatan ginjal. Dilansir dari laman alodokter bahwa buah naga memiliki manfaat tidak langsung bagi kesehatan ginjal yang dapat membantu menghilangkan logam berat dan pencegahan diabetes. Kandungan pewarna alami pada buah naga membuat kotoran dan urine berwarna kemerahan. Namun hal ini tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya.

2. Apel 

Buah apel memiliki kandungan kalium yang cukup rendah sehingga aman untuk dikonsumsi bagi penderita gagal ginjal. Apel juga mengandung serat yang dapat menyerap racun yang ada di tubuh, sehingga dapat membantu kerja ginjal. Apel juga dapat mengurangi peradangan di tubuh dan bekerja sangat baik bagi saluran pencernaan.

3. Pir

Pir merupakan buah yang rendah sodium. Buah pir termasuk makanan untuk kesehatan ginjal. Sebab,  orang yang memiliki gagal ginjal harus mengurangi natrium karena orang dengan penyakit tersebut kehilangan kemampuan menyeimbangkan natrium dan air di dalam tubuh.

4. Nanas

Buah nanas mengandung sejumlah mineral penting  seperti magnesium untuk stabilitas elektrolit dalam tubuh. Selain itu nanas juga mempunyai banyak kandungan vitamin B dan juga banyak serat yang bagus untuk jaga kesehatan ginjal tetap berfungsi baik.

5. Semangka

Semangka merupakan buah yang memiliki kandungan air dan antioksidan yang tinggi sehingga cocok untuk merawat kesehatan ginjal kamu. Namun bagi penderita gagal ginjal diharapkan sebelum mengkonsumsi  perlu dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. 

6. Lemon

Lemon sangat berguna menghentikan pembentukan batu ginjal. Karena di dalam lemon terdapat kandungan asam sitrat yang bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal serta meningkatkan volume dan pH urine. Kalian bisa menyajikannya dengan dibuat jus dan bisa diminum setiap hari.

7. Blackberry

Buah ini memiliki sejumlah antioksidan menangkal radikal bebas berbahaya dari tubuh. Buah ini kaya akan serat, vitamin K dan C. Konsumsi blackberry meningkatkan kesehatan jantung, pencernaan, dan mengurangi peradangan.

8. Anggur Merah

Anggur merah sangat kaya akan vitamin C dan juga antioksidan. Anggur merah juga mengandung resveratrol yang bermanfaat untuk kesehatan jantung serta menurunkan risiko terkena diabetes dan penurunan kognitif.

9. Buah Persik

Persik juga dianjurkan karena memiliki efek diuretik yang membantu tubuh membersihkan ginjal dan kandung kemih. Di negara Cina, buah persik biasa dijadikan teh untuk dikonsumsi. Memilih buah persik untuk jaga kesehatan ginjal bisa menjadi pilihan yang tepat.

10. Kranberi

Dengan mengkonsumsi kranberi dapat membantu membersihkan ginjal dari salah satu penyebab utama batu ginjal - kalsium oksalat. Kranberi bisa juga dibuat jus namun penting untuk memilih buah kranberi organik atau bebas aditif. Kamu sudah makan buah kranberi untuk jaga kesehatan ginjal?

11. Ceri

Buah ceri juga bagus karena memiliki kandungan diantaranya vitamin C, K, B6, folat, magnesium, dan sitrat. Salah satu kandungan buah ceri yaitu sitrat bermanfaat bagi tubuh karena bisa mengurangi asam urat dalam aliran darah. Keuntungannya yaitu, dapat meningkatkan fungsi ginjal untuk mengendalikan keasaman tubuh dipermudah. 

12. Raspberry

Raspberry dalam Bahasa Indonesia disebut buah frambos, ada yang berwarna hitam, ungu, kuning, dan merah. Namun yang paling banyak dikonsumsi orang adalah buah raspberry merah. Raspberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan  mampu menetralisir radikal bebas di dalam tubuh. Golongan buah beri lainnya juga dianjurkan untuk dikonsumsi.

13. Plum

Dilansir dari Kidney Health New Zealand, buah plum sangat dianjurkan untuk meredakan masalah ginjal dan juga hati. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah ini sangat berguna menyembuhkan masalah kerusakan pada hati atau bahkan batu ginjal.

14. Strawberry

Siapa yang tidak tahu buah ini? buah dengan rasa asam, menyegarkan dan bisa dijadikan berbagai macam olahan makanan serta minuman ternyata bantu jaga  kesehatan ginjal. Karena tingginya  kandungan vitamin c dan juga serat yang terdapat di dalamnya. 

15. Pepaya

Terakhir ada pepaya, buah murah sejuta khasiat.  Mengonsumsi pepaya secara rutin sangat baik untuk kesehatan ginjal. Pepaya dapat  membersihkan racun yang disimpan di ginjal dan mengurangi akumulasi asam urat dalam darah. 

Itulah rangkuman 15  buah yang bantu kaga kesehatan ginjal alami. Namun karena kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda ada, ada gunanya para pasien gagal ginjal berkonsultasi dengan dokter soal diet apa yang paling pas dengannya. 

Baca: Ragam Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ginjal, Ikan Berlemak hingga Apel

LINTANG OLIVIA RUDIANTO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."