Hari Lupus Sedunia 2024, Pahami Sejarah dan Fakta Penyakit Autoimun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi lupus. Shutterstock

Ilustrasi lupus. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaHari Lupus Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 10 Mei. Tahun ini diperingati pada hari Jumat. Hari Lupus Sedunia didedikasikan untuk orang-orang di seluruh dunia yang menderita penyakit autoimun yang melemahkan ini dan berjuang dengan berbagai gejala di seluruh tubuh mereka. 

Lupus merupakan penyakit autoimun yang membuat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Peradangan ini dapat menyerang persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru. Berbagai gejala di seluruh tubuh ini termasuk nyeri sendi, sakit kepala, ruam, demam, kelelahan, sakit mulut, kebingungan, pembengkakan kelenjar, pembekuan darah, dll.

Kondisi tersebut juga dapat melemahkan tulang dan menyebabkan osteoporosis dan dapat mempengaruhi jantung sehingga menyebabkan masalah kardiovaskular. Faktor genetik, hormon, faktor lingkungan, merokok atau stres juga dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit ini.

Pentingnya Hari Lupus Sedunia

Hampir 5 juta orang di seluruh dunia menderita Lupus, dan 1,5 juta di antaranya tinggal di Amerika Serikat saja. Hari Lupus Sedunia didedikasikan untuk orang-orang di seluruh dunia yang menderita penyakit yang melemahkan ini dan berjuang dengan berbagai gejala di seluruh tubuh mereka. Peringatan tahunan ini berfokus pada perlunya peningkatan layanan kesehatan pasien, peningkatan penelitian mengenai penyebab dan pengobatan lupus, diagnosis dini dan pengobatan lupus. Hari Lupus Sedunia juga mempertemukan organisasi dan orang-orang yang terkena penyakit ini di seluruh dunia dan juga bertujuan untuk menemukan cara untuk mengurangi penderitaan orang-orang dengan penyakit autoimun yang berpotensi fatal ini.

Sejarah Hari Lupus Sedunia

Menurut dayoftheyear.com, sejarah Hari Lupus Sedunia dimulai pada tahun 2004 ketika didirikan oleh Lupus Kanada untuk meningkatkan kesadaran mengenai penyakit yang kurang dikenal ini yang dapat berdampak besar pada mereka yang menderita penyakit tersebut dan keluarga mereka. Organisasi lupus dari tiga belas negara berkumpul untuk menyelenggarakan hari ini dan berupaya mendanai penelitian, memberikan layanan pasien yang lebih baik, meningkatkan data epidemiologi, dan meningkatkan kesadaran.

Fakta Tentang Penyakit Lupus

Hari ini kini populer diperingati di sebagian besar benua di seluruh dunia - di Afrika, Asia, Australia, Amerika Utara & Selatan, dan Eropa. Lupus biasanya didiagnosis antara usia 15 hingga 44 tahun dan berlangsung seumur hidup. Penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita dan hampir 90% penderita penyakit ini adalah wanita, sementara hanya 10% pria yang terdiagnosis penyakit ini. Pada abad ke-13, Lupus mendapatkan namanya dari kata Latin yang berarti serigala, untuk menggambarkan lesi pada wajah yang menyerupai gigitan serigala.

Hidup dengan Lupus

“Saat kita memperingati Hari Lupus Sedunia, sangat penting untuk menekankan peran penting aktivitas fisik dalam mengelola kondisi autoimun yang kompleks ini. Kondisi ini juga dikenal sebagai Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, dengan jumlah terbanyak adalah perempuan, hingga 90 persen kasus. Meskipun penanganan lupus telah mengalami kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, pentingnya aktivitas fisik tidak dapat dilebih-lebihkan,” kata Dr Anu Daber, Konsultan Senior Reumatologi, Paras Health Gurugram.

Menurut rekomendasi gugus tugas internasional, individu dengan SLE harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang per minggu, selain latihan penguatan otot setidaknya dua hari per minggu. 

"Penting untuk dipahami bahwa manfaat dari aktivitas fisik tidak hanya sekedar aspek fisik dalam penanganan lupus. Olahraga teratur telah terbukti mempunyai dampak positif terhadap kesehatan mental, mengurangi risiko depresi dan kecemasan, yang merupakan komorbiditas umum pada individu dengan SLE,” tambah Dr. Daber.

Pilihan Editor:  4 Artis Hollywood yang Sakit Lupus, Selena Gomez hingga Seal

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."