4 Artis Hollywood yang Sakit Lupus, Selena Gomez hingga Seal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Selena Gomez. Instagram.com/@selenagomez

Selena Gomez. Instagram.com/@selenagomez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lupus adalah penyakit autoimun, yakini ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Lupus dapat menyebabkan peradangan pada kulit, jantung, ginjal, paru-paru, persendian, dan bagian tubuh lainnya. Selain itu, efek samping dari penyakit autoimun tersebut meliputi kelelahan yang luar biasa, ruam kulit, nyeri kronis, demam, kerusakan ginjal, masalah jantung, depresi, dan perubahan berat badan. Dan terkadang, stigma yang terkait dengan kondisi tersebut dapat terasa sama melemahkannya dengan gejalanya. Lupus dianggap sebagai "penyakit tak terlihat", yang berarti gejalanya tidak selalu terlihat dan orang lain cenderung meremehkan dampak kondisi tersebut terhadap tubuh.

Sejumlah artis Hollywood seperti Selena Gomez, Toni Braxton, dan Nick Cannon terbuka membagikan perjuangannya melawan lupus. Lewat platform media sosial, mereka berkisah agar lebih memperhatikan penyakit ini dan bagaimana dampaknya terhadap orang setiap hari. Berikut kilasan kisahnya dikutip dari PopSugar, Selasa, 9 Mei 2023.

1. Selena Gomez

Selena Gomez (Instagram/@selenagomez)

Selena Gomez didiagnosis dengan gangguan autoimun pada tahun 2015. Sejak saat itu, aktris dan penyanyi berusia 30 tahun ini telah menjalani kemoterapi dan menerima transplantasi ginjal dari temannya, Francia Raísa, untuk mengatasi kondisi tersebut.

Sebagai bagian dari rejimen pengobatannya, Gomez meminum obat yang membantu mengurangi gejala lupusnya. Dan dia terbuka tentang efek sampingnya  termasuk soal berat badan, yang kerap dijadikan bahan perundungan atau bullying.

"Berat badan saya akan terus berfluktuasi karena saya akan menjalani pengobatan tertentu. Dan jelas, orang-orang berlarian dengannya," dia berbagi di episode "Dear ..." di  AppleTV + yang dirilis pada bulan Maret.

"Sepertinya mereka tidak sabar untuk menemukan sesuatu untuk menjatuhkan saya. Saya dipermalukan karena berat badan saya bertambah karena lupus saya."

Gomez, bagaimanapun, telah menolak untuk membiarkan komentar itu menjatuhkannya atau mencegahnya melakukan yang terbaik untuk tubuhnya.

"Saya hanya ingin orang tahu bahwa Anda cantik dan luar biasa," katanya saat TikTok Live di bulan Februari. "Kami memiliki hari-hari di mana mungkin kami merasa tidak enak, tetapi saya lebih suka sehat dan menjaga diri sendiri." Gomez melanjutkan dengan mengatakan: "Pengobatan saya penting dan saya yakin itulah yang membantu saya."

2. Toni Braxton

Toni Braxton. Instagram.com/@tonibraxton

Pada 2008, Toni Braxton didiagnosis dengan lupus eritematosus sistemik, bentuk lupus yang paling umum. Dia menjalani prosedur jantung yang serius pada September 2022 untuk mengatasi dampak kondisi tersebut setelah mengabaikan kesehatannya, menurut laporan People.

Sebelum operasi, Braxton mengaku meski kerap dirawat di rumah sakit, dia kerap menunda mengikuti tes urine dan darah rutin untuk menilai bagaimana lupus memengaruhi organ-organnya.

"Saya terus menundanya dengan berpikir, 'Oh, saya baik-baik saja. Saya akan baik-baik saja.' Tapi dokter saya gigih dan saya menjalani tes pada minggu terakhir bulan September. Saya melakukan tes khusus dan mereka melihat jantung saya dan melihat beberapa kelainan," kata pelantun Unbreak My Heart itu kepada People.

"Saya mengetahui bahwa saya membutuhkan stent koroner. Arteri koroner utama kiri saya tersumbat 80%. Para dokter memberi tahu saya bahwa saya bisa mengalami serangan jantung hebat, saya tidak akan selamat," jelasnya.

Dia sangat sadar akan bahaya yang dia hadapi dan berkomitmen untuk tidak melewatkan tes di masa depan. "Seandainya saya tidak mendapatkan tes itu, hidup saya akan berbeda... Jika semua yang harus saya lakukan untuk lupus dan kesehatan ginjal saya adalah buang air kecil di dalam cangkir, saya bisa buang air kecil di dalam cangkir," katanya.

3. Nick Cannon

Nick Cannon. Foto: Instagram Nick Cannon.

Nick Cannon telah berbicara secara terbuka tentang bagaimana lupus hampir mengakhiri hidupnya pada usia 31 tahun.

"Sepuluh tahun yang lalu, saya tiba-tiba mengalami penyakit misterius yang hampir merenggut nyawa saya," aktor dan pembawa acara itu berbagi dari acara bincang-bincang eponimnya pada Oktober 2021.

Saat itu, dia tidak mengetahui penyakit itu adalah lupus. Pada 2012, dia didiagnosis menderita lupus, dan mulai akrab dengan transfusi darah, kemoterapi, dan rawat inap.

'Sepanjang perjalanan ini,' katanya di Today. 'Saya harus mengubah segalanya tentang cara saya menjalani hidup saya dan itu tidak mudah.

4. Seal

Seal. Foto: Instagram/@seal

Bekas luka di wajah musikus Seal adalah hasil dari lupus diskoid, lesi berbentuk koin yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

"Sesuatu yang awalnya membuat trauma ternyata menjadi sesuatu yang membuat saya langsung dikenali," katanya kepada Yahoo pada tahun 2020. Dia menambahkan, "Lupus saya pertama kali muncul ketika saya berusia 21 tahun. Ini tidak seserius [lupus] sistemik." , yang mempengaruhi organ."

Meskipun awalnya sadar diri tentang bekas lukanya, mantan suami Heidi Klum itu berkata, "Saya segera menyadari bahwa tubuh ini bukanlah diri kita. Saya lepas dengan ringan."

Itulah deretan artis Hollywood yang mengidap lupus. Semoga keterbukaan dan perjuangan mereka bisa menyemangati pasien lupus lainnya.

Pilihan Editor: Mengenal Penyakit Lupus, Gejala, Sebab, dan Cara Pengobatannya

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."