Resep Kue Mangkuak, Camilan Manis Khas Sumatera Barat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kue Mangkuak khas Minang. Shutterstock

Kue Mangkuak khas Minang. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di libur panjang pekan ini, masak bareng keluarga bisa menjadi aktivitas pilhan di rumah. Jika Anda sedang mencari inspirasi memasak hari ini, Cantika rekomendasikan menjajal membuat kue mangkuak. Kue mangkuak adalah camilan manis khas Sumatera Barat yang bertekstur lembut dengan cita rasa manis gurih. Jenis kue ini memiliki banyak penggemar, namun sayangnya jarang ditemui dan hanya ditemukan di beberapa tempat saja.

Dalam bahasa Minangkabau, Mangkuak berarti mangkuk. Dinamai Kue Mangkuak karena bentuknya yang unik menyerupai mangkuk. Bentuk mangkuk pada kue ini dihasilkan dari cetakan alami dengan memanfaatkan tempurung kelapa. Selain sebagai hiasan, cetakan tempurung juga memberikan sensasi cita rasa tersendiri.

Saat proses pengukusan kue, tempurung akan berubah warna menjadi kehitaman dan menghasilkan aroma wangi khas yang juga mempengaruhi rasa kue menjadi lebih autentik. Padu padan bahan dan alat cetak kue ini menjadikannya pas dan enak disantap saat masih hangat.

Penyajian Kue Mangkuak yang ditemukan dapat saja berbeda-beda sesuai dengan inovasi masing-masing pembuat yang saat ini menjadikannya beragam. Namun, secara umum ciri khas Kue Mangkuak dibuat dengan dua lapisan. Lapisan di tengah berwarna cokelat dan terbuat dari gula saka alias gula merah dan bagian pinggirnya berwarna putih dengan tekstur lembut yang lumer di mulut.

Oke, tanpa berlama-lama lagi berikut resep kue mangkuak yang bisa dicoba di rumah.

Bahan-bahan kue mangkuak: 

1. Tepung Beras

2. Tepung Terigu

2. Santan Kelapa

3. Gula Merah

4. Gula Putih

5. Daun Pandan

6. Tape Singkong 

7. Garam 

Cara membuat kue mangkuak:

Adonan 1:

1. Campur gula merah dengan air, lalu didihkan hingga gula mencair.

2. Di tempat lain buat adonan tepung beras, tepung terigu, dan tape.

3. Setelah gula dingin, tuang ke dalam adonan tepung beras secara perlahan.

4. Tutup rapat diamkan selama dua jam hingga adonan sedikit mengembang.

Adonan 2:

1. Masukan tepung beras ke dalam wadah, beri santan hingga adonan bertekstur cair. Tuang secara perlahan dan ratakan jangan sampai menggumpal.

2. Setelah adonan jadi, tambahkan gula putih dan beri garam secukupnya untuk menambah rasa gurih

3. Setelah adonan pertama mengembang masukan 2 atau 3 sendok adonan ke dalam mangkuk tempurung yang telah disiapkan, lalu kukus hingga adonan setengah masak, kira- kira 15-20 menit.

4. Setelah setengah matang angkat kue yang telah dikukus dan masukan adonan kedua, lalu kukus hingga matang sempurna, dan bagian tengah kue terlihat merekah. Saat pengukusan dapat pula ditambahkan daun pandan agar wangi kue mangkuak semakin sempurna.

Pilihan Editor: 2 Kreasi Resep Kue Cubit yang Enak dan Lembut, Tertarik Mencoba?

TIARA JUWITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."