17 Tanda Suami yang Suka Mengontrol

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/tirachardz

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memiliki suami yang suka mengontrol berbahaya untuk kelanggengan pernikahan. Sebab hal itu termasuk ciri hubungan beracun alias toxic. Dalam hubungan yang sehat, kontrol  dilakukan demi tumbuh kembang bersama. Jika suami mendominasi dan mengontrol semua hal sesuai keinginan dia, hal itu bisa menggerus kebebasan berekspresi dan berpendapat, bahkan kemajuan sang istri.

Tentu bukan hal itu yang didambakan dalam suatu pernikahan. Agar kita waspada, berikut tanda suami yang suka mengontrol. Jika Anda merasakannya, bicaralah dari hati ke hati dengan suami untuk perubahan ke arah lebih baik untuk keharmonisan.

1. Memisahkan Anda dari Teman dan Keluarga

Bayangkan seseorang menghalangi dan mengendalikan hubungan Anda dengan orang yang Anda cintai. Begitulah cara suami yang suka mengontrol menjauhkan Anda secara fisik atau mental dari keluarga dan teman-teman Anda. Perilaku manipulatif ini dapat bervariasi, mulai dari meyakinkan Anda untuk menentangnya hingga menciptakan situasi yang akan menghalangi waktu bertemu dan membuat Anda memihak. Suami Anda mungkin juga akan membuat Anda sering berbohong kepada kerabat Anda tentang hubungan atau hal-hal umum sehingga memutuskan hubungan Anda.

2. Menuntut Perhatian Terus-menerus

Mengawasi setiap gerakan Anda dan memaksakan keberadaannya adalah mekanisme pengendalian lainnya. Terlalu banyak melakukan panggilan pemeriksaan atau menuntut detail rumit tentang hari Anda, jadwal Anda, atau rencana Anda dengan orang lain memang terdengar melekat.

Mereka juga bermaksud mengubah rencana Anda dan membuat Anda berkompromi dengan cara tertentu. Misalnya, jika Anda pergi makan malam bersama teman-teman, suami yang suka mengontrol akan terlalu sering menelepon dan meminta Anda segera pulang karena dia makan sendirian.

Hal ini adalah cara mereka meminta perhatian dan membuat Anda merasa bersalah. Masalah kontrol seperti itu bisa berasal dari rasa tidak aman dan bisa mendatangkan malapetaka pada kesehatan mental Anda.

3. Tidak Menghargai Pendapat Anda

Apakah Anda selalu berhati-hati dalam merespons kritik sekecil apa pun terhadap suami Anda? Pasalnya, suami yang suka mengontrol tidak pernah menerima kritikan, melainkan merespons dengan membela dan menyinggung.

Anda mungkin harus berpikir banyak sebelum mendiskusikan suatu masalah atau berbagi perjuangan Anda dengan mereka, dalam upaya menghindari ledakan atau melukai ego mereka. Hal ini bisa menyebabkan pernikahan yang tidak setara dan tidak sehat.

4. Selalu Membuat Anda Merasa Bersalah

Suami yang suka mengontrol membuat Anda percaya bahwa hanya Anda yang salah. Dengan pola yang terus menerus, perlahan Anda mulai kehilangan rasa percaya diri dan mau tidak mau merasa bersalah.

5. Tidak Menerima Sudut Pandang Anda

Pasangan yang berbeda pendapat adalah hal yang wajar. Namun, jika pasangan tidak pernah menghargai pilihan pasangannya, malah mengejeknya, hal ini bisa dianggap sebagai sebuah dominasi. Monopoli dalam pengambilan keputusan dan menganggap istri konyol atau tidak penting merupakan permasalahan utama. Suami yang suka mengontrol tidak akan pernah menerima sudut pandang Anda dan membungkamnya.

6. Tidak Menyukai Kemajuan Anda

Kemajuan apa pun yang dicapai istri, baik secara pribadi atau profesional, suami yang suka mengontrol ogah memberi dukungan. Dia akan bertindak atau mengatakan hal-hal tertentu yang tampaknya menyiratkan kekesalan atau ketidakpeduliannya terhadap kemajuan Anda.

7. Leluconnya Kasar

Pasangan cenderung bercanda dan bahkan saling bersulang untuk bersenang-senang. Namun jika suami Anda selalu melontarkan lelucon yang kasar dan kejam meski tahu hal itu menyakiti Anda, itu adalah salah satu tanda halus dari hubungan yang beracun.

8. Cintanya Terikat Waktu dan Situasional

Ketika segalanya berjalan baik, suami mungkin akan bersikap penuh kasih sayang dan penuh kasih sayang. Namun, ketika hubungannya mengalami masalah, kepribadiannya berubah. Ini menunjukkan bahwa cintanya bersyarat. Anda mungkin bingung dengan dualitas dan mendapat tekanan untuk menyempurnakan segalanya bagi Anda berdua saat bekerja sama dalam tim.

9. Mengaburkan Batasan Digital

Dalam pernikahan yang sehat, pasangan tidak merasa perlu mengganggu privasi satu sama lain. Namun jika suami Anda bersikeras untuk mengaburkan batasan digital, itu mengkhawatirkan! “Jika Anda tidak menyembunyikan apa pun, mengapa Anda tidak membagikan kata sandinya?” – Ini adalah ungkapan umum yang digunakan oleh suami yang mendominasi untuk melacak istrinya. Taktik ini mungkin berbeda-beda, mulai dari menelusuri riwayat pencarian hingga obrolan pribadi dan memeriksa galeri telepon.

10. Tidak Mempedulikan Kebutuhan Anda

Pasangan seharusnya menghormati batasan satu sama lain dan memperhatikan kebutuhan mereka. Suami yang mengontrol hanya peduli pada kebutuhannya sendiri. Dengan mengabaikan kebutuhan Anda, dia mungkin akan mencemooh dan mengabaikannya sama sekali. Dia tidak akan pernah bertanya tentang apa yang Anda inginkan, tidak mencoba memahami Anda, dan sepertinya tidak pernah menjadikan Anda prioritas.

11. Memaksa untuk Keintiman Fisik

Salah satu tanda paling jelas bahwa suami Anda mengontrol adalah dia menggunakan tindakan non-kekerasan untuk menekan Anda agar berhubungan intim dengannya. Dia mungkin memanipulasi Anda, menuntut, mempermalukan Anda, atau membuat Anda merasa bersalah untuk melakukan aktivitas intim.

Pemaksaan juga merupakan salah satu bentuk taktik kontrol yang dilakukan oleh suami yang mendominasi. Mereka merasa berhak memintanya dan tidak pernah memperdulikan kesediaan istrinya.

12. Menggunakan Tindakan yang Mengancam

Jika pertengkaran sering berakhir dengan ancaman dari suami, ini adalah tanda utama adanya permainan kendali dan kekuasaan. Mereka mengancam akan mengajukan cerai atau meninggalkan perkawinan, dan kadang-kadang mereka mengendalikan urusan keuangan atau mengambil anak-anak dan menyakiti istri dengan cara tertentu.

Mengancam juga berarti pemerasan. Sering kali suami menjauhi istri dengan mengancam akan mengungkap kerentanan istrinya, sehingga membuat istri putus asa dan tidak berdaya.

13. Kasar terhadap Orang yang Anda Cintai

Umumnya, pasangan yang suka mengontrol menciptakan kepribadian palsu di depan orang lain untuk mengendalikan perilaku beracun mereka. Namun, dalam beberapa kasus, mereka terang-terangan bersikap kasar dan kejam terhadap orang yang berhubungan dengan istri.

Para suami bertindak seperti ini dengan maksud untuk membuktikan betapa kecilnya perhatian mereka terhadap Anda dan untuk mendapatkan dominasi.

14. Mendikte Penampilan Anda

Dalam hubungan yang tidak sehat, suami mencampuri urusan istri dalam hal pakaian, tata rias, dan penampilan secara keseluruhan. Dia mengontrol pakaian, pilihan riasan, dan preferensi rambut Anda. Terkadang ini juga tentang cara Anda berinteraksi dengan orang lain, berbicara, atau melakukan hal-hal tertentu yang berkaitan dengan penampilan luar Anda.

15. Mengontrol Perasaan Anda

Taktik ini mencakup dengan cepat mengabaikan perasaan apa pun yang muncul seperti kemarahan, frustrasi, atau kekecewaan. Hal ini juga melibatkan pemaksaan istri agar merasa bahagia dan menunjukkan rasa terima kasih atau dukungan yang dipaksakan. Tindakan manipulatif ini membuat opini Anda tidak valid dan membuat Anda menebak-nebak atau menganalisis situasi secara berlebihan.

16. Tidak Mendukung Tujuan Anda

Selain menyabotase kemajuan Anda, pria yang suka mengontrol juga tidak peduli dengan tujuan istrinya. Entah itu terkait dengan kehidupan profesional mereka seperti memulai bisnis atau berganti pekerjaan, atau tujuan pribadi mereka seperti mempelajari keterampilan baru, bepergian. Alih-alih mendukung mereka, mereka justru membatalkan visi dan keinginan mereka.

17. Mengambil Semua Keputusan Sendiri

Dalam hubungan yang sehat, pasangan membuat semua keputusan bersama-sama. Salah satu tanda paling penting dari suami yang suka mengontrol adalah mereka ingin mengambil semua keputusan sendiri, bahkan jika itu menyangkut Anda. Dia akan selalu mendominasi atas keputusan-keputusan besar seperti membeli rumah atau mobil, memilih sekolah anak hingga mengatur anggaran perjalanan dan rumah.

Pilihan Editor: Ciri Pasangan Sensitif, Butuh Waktu Lama dalam Mengambil Keputusan

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."