7 Tanda Toxic People, Manipulatif hingga Bikin Kelelahan Emosional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Istilah toxic relationship mengacu pada sebuah hubungan yang tidak sehat dan ditandai dengan berbagai perilaku 'beracun' yang punya potensi merusak fisik dan mental diri sendiri atau pasangan. (Foto: Canva)

Istilah toxic relationship mengacu pada sebuah hubungan yang tidak sehat dan ditandai dengan berbagai perilaku 'beracun' yang punya potensi merusak fisik dan mental diri sendiri atau pasangan. (Foto: Canva)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjalin hubungan dengan orang beracun atau toxic people bisa menuntut waktu, perhatian, energi, kasih sayang, dan dukungan terus-menerus dari Anda. Mereka adalah manusia yang egois dan narsis yang mencoba menciptakan drama dalam kehidupan orang-orang yang berhubungan dengan mereka. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda toxic people untuk menghundari pola hubungan beracun atau toxic relationship.

1. Manipulatif

Perilaku beracun berasal dari hubungan manipulatif. Jika Anda merasa kesulitan menghadapi orang yang melakukan kontak dekat, itu tandanya kamu sedang terjebak dalam dinamika yang beracun. Orang yang manipulatif mencoba membuat Anda merasa bersalah dan menggunakan taktik lain untuk membela diri. Mereka menipu dan tidak dapat diandalkan.

2. Tidak Memberi Ruang Pribadi

Dalam siklus hubungan yang beracun, seseorang tidak dapat menggunakan kebebasan dan ruang pribadinya. Hubungan dekat mulai mengganggu kehidupan hingga membuat frustrasi dan tidak dapat ditoleransi. Toxic people biasanya menuntut perhatian terus-menerus. Mereka mendominasi Anda untuk menggunakan kendali mereka dalam hidup Anda. Dalam skenario seperti ini, terjadi erosi terhadap individualitas dan kebebasan.

3. Kelelahan Emosional

Toxic people berbahaya bagi kesejahteraan emosional Anda. Mereka membuat Anda merasa lelah secara emosional. Mereka selalu berusaha melibatkan Anda dalam drama kehidupannya karena keterlibatan Anda membuat mereka merasa puas. Mereka mempunyai ekspektasi yang tidak realistis dan selalu memainkan peran sebagai korban alias playing victim. Singkatnya, mereka membenci kedamaian mental Anda.

4. Iri Terhadap Pertumbuhan dan Kesuksesan Anda

Waspadalah terhadap orang toksik atau toxic people di sekitar Anda. Mereka memiliki rasa iri atas pencapaian Anda. Mereka merasa tidak nyaman mendengar Anda mencapai pencapaian dalam karier Anda. Mereka menghantui Anda dan tidak memvalidasi pencapaian Anda. Mungkin mereka iri dengan pencapaian, kebahagiaan, kesuksesan, dan kemakmuran Anda.

5. Meremehkan

Toxic people selalu meremehkan Anda. Mereka selalu melontarkan komentar sinis untuk meremehkan Anda. Mereka menghina dan tidak menghargai Anda. Mereka tidak menghormati Anda di depan umum. Mereka juga bisa melecehkan Anda secara emosional, yang lama kelamaan dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda.

6. Menghakimi

Dalam hubungan yang beracun, seseorang mungkin bergulat dengan masalah harga diri.Toxic people terlalu menghakimi pilihan hidup Anda. Mereka tidak akan pernah menghargai bakat dan keterampilan Anda, sebaliknya mereka akan mencoba menanamkan rasa takut dan keraguan dalam pikiran Anda untuk menghancurkan kepercayaan diri Anda. Motif mereka tidak bermaksud baik. Orang-orang beracun terus-menerus menghakimi Anda.

7. Merasa Cemas dan Stres di Sekitar Mereka

Ini adalah tanda bahaya ketika Anda terus-menerus merasa stres berada di dekat beberapa orang dalam hidup, bisa siapa saja baik pasangan, teman, atau kerabat. Sebab toxic people menunjukkan sifat-sifat negatif tertentu yang berkontribusi terhadap rasa cemas dan panik bagi orang-orang di sekitarnya.

Penting untuk memahami respons emosional Anda saat menghadapi toxic people. Salah satu strategi inti untuk menghadapi toxic people adalah dengan menetapkan batasan dan membatasi kesepakatan. Penting untuk 'melepaskan' dan lebih fokus pada perawatan diri, karena hal ini akan melindungi Anda dari dinamika hubungan yang tidak sehat.

Pilihan Editor: 6 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Termasuk Toxic People

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."