8 Cara Menyembuhkan Diri dari Hubungan Beracun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Yanalya

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Yanalya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengatasi luka emosional yang disebabkan oleh pasangan yang beracun dalam suatu hubungan bisa jadi menantang. Namun mekanisme penanggulangan tertentu dan pola berpikir yang benar dapat membantu Anda mendapatkan kembali kebahagiaan dan melanjutkan hidup. Berikut ini sejumlah cara menyembuhkan diri dari hubungan beracun atau toxic relationship.

1. Tetapkan Batasan 

Batasi kontak dengan mantan beracun alias toxic untuk melindungi diri Anda dari bahaya emosional lebih lanjut. Tetapkan batasan yang jelas dan jangan mengharapkan rekonsiliasi dari dia.

Mantan toxic yang manipulatif mungkin mencoba terhubung kembali untuk membangun kembali hubungan yang rusak. Namun, disarankan untuk menetapkan batasan.

2. Utamakan Perawatan Diri

Lakukan aktivitas perawatan diri yang membantu Anda pulih setelah lepas dari hubungan beracun. Pertimbangkan untuk terlibat dalam kegiatan kreatif seperti menulis, melukis, dan memasak. Kegiatan kreatif membantu menemukan kembali bakat kita.

Selain itu, berlatih meditasi dapat membantu mengurangi kecemasan dan ledakan emosi. Memprioritaskan perawatan diri akan membantu Anda mengatasi trauma akibat hubungan beracun.

3. Pengampunan

Pengampunan berarti menemukan penutupan dan melepaskan diri Anda dari beban emosional dalam hubungan. Kebencian dan luka masa lalu yang terkubur jauh di dalam hati menyebabkan serangan panik dan kecemasan.

Memaafkan berarti terus maju dan menyambut awal yang baru. Memaafkan mungkin tidak semudah itu, namun memaafkan selalu membantu Anda berdamai dengan diri sendiri.

4. Cari Dukungan dari Orang yang Anda Cintai

Cobalah untuk berbagi emosi sulit dan pengalaman hubungan beracun dengan orang-orang terkasih yang dipercaya. Mereka bisa memvalidasi emosi Anda dan membantu Anda mengatasi emosi kompleks serta rasa sakit emosional yang disebabkan oleh hubungan beracun.

5. Jangan Abaikan Emosi Sulit

Biarkan diri Anda merasakan emosi kompleks dan rasa sakit yang disebabkan oleh hubungan beracun. Sangat penting untuk memahami fakta bahwa mengakui emosi sulit membantu Anda meredakannya secara bertahap. Mengabaikan emosi atau meragukan diri sendiri dapat menimbulkan lebih banyak kecemasan dan stres.

6. Bersikaplah Lembut pada Diri Sendiri

Perlakukan diri Anda dengan lembut dan lebih berbelas kasih pada diri sendiri. Menahan diri dari pemikiran kritis terhadap diri sendiri. Misalnya, jangan bertanya pada diri sendiri 'Mengapa ini terjadi pada saya?'.

Perasaan bersalah dan malu yang tidak diinginkan mungkin mencoba merusak harga diri Anda. Namun, penting untuk diterima bahwa mengalami pasang surut adalah hal yang normal dan

7. Fokus pada Pertumbuhan Diri

Cara lain menyembuhkan diri dari hubungan beracun adalah melepaskan masa lalu penting untuk fokus pada pertumbuhan pribadi. Berikan waktu  diri Anda untuk pulih dan menemukan kembali. Diskusikan rencana, tujuan, dan keinginan Anda dengan orang terdekat Cobalah lebih fokus pada aktivitas yang merangsang.

8. Konsultasi dengan Ahli Kesehatan Mental

Menghubungi konselor dan menindaklanjuti terapi dapat membantu Anda mengatasi perasaan mentalitas korban, dan membantu Anda memberikan kejernihan pikiran usai lepas dari hubungan beracun. Terapi klinis dan bimbingan profesional membantu Anda menangani pikiran Anda dengan lebih baik.

Pilihan Editor: Awas Terjebak Toxic Relationship, Kenali 4 Tandanya

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."