Raditya Dika, Okky Madasari, dan Leila S. Chudori Kenang Joko Pinurbo: Puisi-puisimu Abadi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Raditya Dika mengunggah foto Joko Pinurbo di hari wafat penyair tersebut, Sabtu, 27 April 2024. Foto: Instagram/raditya_dika.

Raditya Dika mengunggah foto Joko Pinurbo di hari wafat penyair tersebut, Sabtu, 27 April 2024. Foto: Instagram/raditya_dika.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dunia sastra diselimuti duka usai mendengar kabar Joko Pinurbo wafat di usia 61 tahun pada Sabtu, 27 April 2024. Beberapa penulis turut menuliskan catatan kepergian sang penyair.

Novelis, komedian, dan sutradara Raditya Dika, mengunggah foto Jokpin, sapaan Joko Pinurbo, di Instagramnya. Sastrawan itu memakai kemeja batik, dengan foto hitam putih, tersenyum tipis ke arah kamera.

“Mengenang Pak @jokpin.jogja. Dua tahun lalu, waktu lagi berdua di sofa sama istri, obrolan kami jadi mengarah soal puisi. Saya cerita, Pak Joko Pinurbo adalah salah satu penyair favorit saya karena kata-katanya yang lincah dan sederhana tapi sarat makna,” ucap Radit pada caption.

Dalam ceritanya, Radit membacakan salah satu puisi Jokpin di depan istrinya, berjudul Doa Seorang Pesolek. Radit dan istrinya pun berdiskusi lama tentang makna di balik puisi tersebut.

“Tentang puisi ini sejatinya mengingatkan kematian. Tentang segala yang indah pada saatnya nanti, akan pudar. Puisi yang indah sekali. Lalu, saya ingin bagikan ke story, minta izin ke beliau dan dikasih. Hari ini saya bagikan kembali. Selamat beristirahat, Pak. Terima kasih atas rangkaian kata yang membuat hati menari. Puisi-puisimu abadi,” ucap Radit.

Pada slide foto berikutnya, Radit menyertakan tangkapan layar percakapannya dengan Jokpin yang meminta izin membagikan syair puisi tersebut. Lalu pada foto berikutnya, Radit memuat puisi yang disukainya itu, Doa Seorang Pesolek.

Novelis dan aktivis pendidikan, Okky Madasari, juga mengucapkan kata perpisahan untuk Jokpin. “Terlalu banyak puisi yang begitu sulit diutarakan hari ini. Selamat jalan, guruku, inspirasiku, sahabatku, Joko Pinurbo. Mas Jokpin. #jokpin #jokopinurbo,” tulis Okky pada caption fotonya di Instagram, Sabtu, 27 April 2024.

Dia mengunggah foto Jokpin yang memangku Mata Diraya, putri Okky, sewaktu bayi. Jokpin tampak sumringah. Pada slide selanjutnya, Okky membuatkan hadiah kepada Jokpin berupa lirik lagu atau musikalisasi puisi berjudul Kado Natal (untuk Joko Pinurbo).

Lalu pada slide terakhir, Okky mengunggah fotonya bersama Jokpin dan sastrawan Sapardi Djoko Damono, yang lebih dulu berpulang.

Novelis dan wartawan senior Leila S. Chudori, mengunggah bait puisi Jokpin yang berjudul Burung Khong Guan, ditulis pada 2019.

Burung bersarang

dalam kaleng Khong Guan

mengerami kata-kata

Yang dipungutnya

dari bahasa manusia

uang sombong dan sumbang

Leila mengatakan Joko Pinurbo membuka tahun 2020 dengan kumpulan puisi “Perjamuan Khong Guan”. “Penyair terkemuka ini kembali bermain dengan kata, dengan diksi dan bahkan dengan titik dan koma yang bisa menjungkirbalikkan makna benda-benda keseharian dan suasana sosial yang melingkupinya,” tutur Leila.

Selamat jalan, Joko Pinurbo! Puisi-puisimu abadi.

Pilihan Editor:Joko Pinurbo dalam Kenangan, Saat Puisinya Mengantarkan Sepasang Kekasih Menikah

INSTAGRAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."