Ketahui Manfaat Minum Teh Hijau, Mengontrol Kadar Gula Darah dan Bikin Rileks

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Teh hijau yang berasal dari tanaman Camellia sinensis terkenal dengan sifatnya yang tidak difermentasi dan minim pengolahan. Teh hijau kaya kandungan antioksidan. Dengan kadar kafein yang lebih rendah dibandingkan teh lainnya, teh ini sering dianggap sebagai jenis teh yang paling sehat. Maka dari itu, ada beberapa manfaat minum teh hijau yang perlu kita ketahui. 

Oiya, keajaiban teh hijau terletak pada kekayaan polifenolnya, khususnya katekin. Diantaranya, epigallocationchin-3-gallate (EGCG) yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatan teh hijau. Berikut beberapa manfaat minum teh hijau secara teratur.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Katekin teh hijau mungkin memiliki dampak jangka pendek dalam menurunkan tekanan darah, terutama pada individu dengan tekanan darah sistolik di atas 130 mm Hg, menurut sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition.

2. Bantu Kontrol Gula Darah 

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan manajemen gula darah dan sensitivitas insulin. Sebuah penelitian pada tahun 2021 yang melibatkan orang dewasa di Tiongkok menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau setiap hari lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau atau meminum jenis teh lainnya.

3. Peningkatan Relaksasi dan Suasana Hati

L-theanine yang ditemukan dalam teh hijau meningkatkan relaksasi dan fungsi kognitif. Dalam ulasan tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine, para peneliti menemukan bahwa minum teh hijau dapat membantu membatasi kecemasan, meningkatkan daya ingat, serta rentang perhatian.

Sebuah studi tahun 2022 menemukan bahwa remaja (12-18 tahun) yang minum 6 cangkir teh hijau tanpa kafein sehari selama 6 minggu memiliki lebih sedikit hormon stres dan memperbaiki gejala depresi, kecemasan, dan stres.

Dianjurkan minum teh hijau kurang dari 8 cangkir sehari untuk menghindari asupan kafein berlebihan. Jika Anda sedang hamil, jangan mengonsumsi lebih dari 6 cangkir sehari. Dan, perlu diingat ketika konsumsi teh hijau mungkin berinteraksi dengan obat resep tertentu seperti statin, antibiotik, dan beta blocker. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengonsumsi teh hijau dalam jumlah banyak dalam sehari, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi bersertifikat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

Pilihan Editor: Alasan Mengapa Minum Teh Hijau Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."