Cara Membuat Smoothie Bergizi, Bahan-bahan Ini Perlu Dihindari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bluberry smoothie. Freepik.com/Rawpixel

Ilustrasi bluberry smoothie. Freepik.com/Rawpixel

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain gelato dan es krim, smoothie dingin salah satu pilihan minuman menyegarkan saat cuaca panas seperti belakangan ini. Kombinasi buah dan cairan adalah cara yang enak untuk merehidrasi juga menyehatkan tubuh. “Smoothie bisa menjadi pilihan sehat jika dibuat dengan bahan-bahan bergizi,” kata kata Mia Syn, ahli diet yang berbasis di Charleston, Amerika Serikat, dikutip dari Real Simple, Senin, 22 April 2024.

Kuncinya adalah menciptakan makanan yang seimbang, artinya harus mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, dan serat. Karbohidrat adalah sumber energi utama Anda, dan karbohidrat tertentu juga menyediakan serat yang menyehatkan usus. Protein sangat penting untuk perbaikan sel, sementara lemak sehat membantu Anda merasa kenyang dan mendorong penyerapan nutrisi. Bersama-sama, nutrisi ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan menyediakan nutrisi mikro yang penting.

Bahan-bahan yang Perlu Ada di Smoothie 

Lantas, bagaimana cara membuat smoothie yang bergizi? Sertakan bahan-bahan berikut untuk memenuhi kebutuhan protein, lemak, dan karbohidrat Anda:

1. Buah

Buah menambah rasa manis alami, serta nutrisi seperti antioksidan dan serat. Pilih favorit Anda, seperti blueberry atau mangga. Jenna Volpe, ahli diet asal Austin, merekomendasikan pisang beku karena menambah serat dan krim.

2. Sayuran

Smoothie bisa menjadi salah satu cara cerdik untuk makan lebih banyak sayuran. Kembang kol beku adalah favorit para ahli diet. Rasanya ringan, jadi Anda tidak akan terlalu merasakannya, dan kaya gizi seperti serat dan vitamin C, catat Syn. Anda juga bisa menambahkan segenggam sayuran berdaun hijau, seperti bayam atau kangkung.

3. Lemak sehat

Selai kacang, biji-bijian, dan yogurt adalah contoh bagus dari lemak sehat yang dapat—dan harus—ditambahkan ke dalam smoothie Anda. Biji rami, chia, dan rami adalah beberapa favorit Syn, sementara Volpe merekomendasikan alpukat karena manfaatnya bagi kesehatan jantung dan tekstur krimnya yang mengejutkan.

4. Yoghurt Yunani atau keju cottage

Beberapa produk susu dijadikan bahan smoothie karena mengandung protein dan gizi lainnya. Mirip dengan yogurt Yunani tanpa rasa, keju cottage adalah protein lengkap, jelas Bonnie Roney, ahli diet terdaftar di Tampa, Florida.

5. Bubuk protein atau peptida

Protein dapat membantu menyangga kandungan gula yang terdapat dalam buah, kata Volpe, jadi Anda pasti menginginkan sumber protein dalam smoothie Anda. Satu porsi bubuk protein atau peptida kolagen menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

6. Cairan

Anda membutuhkan cairan untuk memblender smoothie Anda. Air, susu, dan susu nabati tanpa pemanis adalah pilihan yang tepat untuk bahan dasar cair, menurut Syn.

Di halaman selanjutnya, bahan-bahan yang perlu dihindari dalam smoothie.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."