Tips Jaga Gula Darah Stabil Usai Libur Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi kue lebaran. Wikimedia.org

Ilustrasi kue lebaran. Wikimedia.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Santapan lezat Lebaran membuat gula darah konsumennya terus naik. Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Farid Kurniawan memaparkan panduan porsi makan yang sehat untuk menjaga gula darah tetap stabil usai libur Lebaran.

Farid mengatakan masyarakat bisa mengecek panduan makan itu sesuai dengan "Panduan Piring Makan" dari Kementerian Kesehatan. "Setengah porsi sayur dan buah-buahan, seperempat protein, dan seperempat karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, dan lain-lain. Itu yang paling mudah," katanya dalam diskusi mengenai diabetes seusai Lebaran yang diikuti secara daring di Jakarta, Sabtu 20 April 2024.

Farid menjelaskan buah-buahan pada porsi tersebut dapat berupa buah yang rendah kalori dan memiliki indeks glikemik yang rendah, seperti buah pir, apel, dan jeruk. Kemudian jenis protein dapat menggunakan telur rebus atau putih telurnya saja, guna menghindari kolesterol. "Yogurt, kacang almond, dan kacang edamame, bisa jadi camilan sehat bagi penderita diabetes, karena memiliki indeks glikemik yang rendah," katanya.

Ia juga menyarankan kepada masyarakat, khususnya penderita diabetes, untuk tidak mengonsumsi kue kering secara berlebihan, karena mengandung kalori yang tinggi meskipun memiliki ukuran yang kecil.

Selain itu, lanjutnya, kue kering yang biasanya juga disajikan dalam pertemuan seusai Lebaran, seperti halal bihalal, juga memiliki indeks glikemik yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan gula darah karena merupakan produk olahan tepung.

Selanjutnya Farid juga menganjurkan kepada masyarakat untuk tidak mengonsumsi minuman manis dan memperbanyak minum air putih. Ia mengimbau masyarakat untuk melakukan olahraga, seperti latihan aerobik sebanyak tiga sampai lima kali per minggu, dengan waktu 30-45 menit per sesi, ditambah dengan latihan beban ringan setidaknya dua kali seminggu untuk menstabilkan massa otot dan gula darah.

Pilihan Editor: 8 Cara Menjaga Kadar Gula Darah Stabil selama Lebaran

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."