8 Cara Menjaga Kadar Gula Darah Stabil selama Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, menikmati camilan manis dan makanan kaya rasa salah satu hal yang hampir tidak bisa dihindari. Namun, penting untuk tetap memperhatikan kadar gula darah Anda untuk menghindari komplikasi kesehatan terutama penderita diabetes. Pakar kesehatan menyarankan untuk membuat rencana ke depan, bijak dalam memilih makanan, hingga tetap aktif bergerak agar penderita diabetes dapat menikmati perayaan Idul Fitri 2024 dengan bahagia dan sehat.

Berikut beberapa cara menjaga kadar gula darah stabil selama Lebaran menurut dokter.

1. Bikin Rencana

Sebelum perayaan dimulai, rencanakan makanan dan camilan Anda untuk memastikan semuanya selaras dengan rencana pengelolaan diabetes Anda. Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli diet atau penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan saran pribadi dalam mengelola gula darah Anda selama Idul Fitri.

2. Pilih Camilan dengan Bijaksana

Pilihlah alternatif yang lebih sehat dibandingkan makanan manis dan makanan penutup tradisional, seperti pilihan bebas gula atau rendah gula. Nikmati buah-buahan segar daripada makanan manis, karena buah-buahan memberikan rasa manis alami bersama dengan serat dan nutrisi penting. Saat menikmati makanan manis tradisional, praktikkan kontrol porsi untuk menghindari lonjakan kadar gula darah.

“Untuk mengatur kadar gula darah, cobalah mengganti makanan penutup manis dengan buah segar, kurma, kacang-kacangan, biji-bijian, atau salad buah. Gunakan coklat hitam dengan kandungan kakao lebih tinggi daripada coklat susu yang menggoda. Porsi yang lebih kecil mencegah lonjakan gula darah. Gunakan piring yang lebih kecil untuk mengatur ukuran porsi," kata dokter spesialis penyakit dalam CC Nair di Rumah Sakit Lilavati di Mumbai, India, dikutip dari Hindustan Times, Minggu, 7 April 2024.

3. Perhatikan Karbohidrat

Perhatikan asupan karbohidrat Anda, karena banyak hidangan Idul Fitri yang kaya akan nasi, roti, dan makanan bertepung lainnya. Usahakan untuk menyeimbangkan makanan Anda dengan protein tanpa lemak, lemak sehat, dan makanan berserat tinggi untuk membantu menstabilkan kadar gula darah.

4. Tetap Terhidrasi

Minumlah banyak air agar tetap terhidrasi, terutama di iklim hangat atau jika Anda melakukan aktivitas fisik. Pilihlah air putih atau minuman bebas gula.

"Minumlah air yang cukup agar tetap terhidrasi karena dehidrasi menyebabkan fluktuasi kadar gula darah. Batasi atau hindari minuman manis seperti soda dan pilih air putih dan teh herbal untuk memastikan Anda cukup terhidrasi,” ucap dokter Nair.

5. Tetap Aktif

Gabungkan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian Anda, bahkan selama Lebaran. Jalan-jalan sebentar setelah makan atau lakukan olahraga ringan untuk membantu mengatur kadar gula darah. Rencanakan aktivitas keluarga yang melibatkan pergerakan, seperti permainan di luar ruangan atau olahraga kelompok, agar tetap aktif sambil menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih.

Olahraga teratur tidak hanya membantu mengontrol gula darah tetapi juga meningkatkan sensitivitas insulin. Prioritaskan gerakan dan usahakan konsistensi untuk mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan selama ini.

6. Pantau Kadar Gula Darah

Awasi kadar gula darah Anda selama Lebaran, terutama jika Anda mencoba makanan baru atau menyimpang dari rutinitas biasanya. Bawalah perangkat pemantau glukosa Anda dan uji gula darah Anda secara teratur, ikuti rekomendasi penyedia layanan kesehatan Anda.

7. Kelola Stres

Perayaan Idul Fitri bisa menimbulkan stres karena kewajiban sosial, pertemuan keluarga, dan faktor lainnya. Latih teknik manajemen stres seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga untuk menjaga tingkat stres tetap terkendali. Prioritaskan perawatan diri dan luangkan waktu untuk relaksasi dan istirahat di tengah perayaan.

8. Mencari Dukungan

Jangan ragu untuk menghubungi teman, anggota keluarga, atau kelompok dukungan untuk mendapatkan dorongan dan bantuan dalam mengelola diabetes Anda selama Idul Fitri. Bagikan kekhawatiran dan tantangan Anda dengan orang-orang terkasih dan mintalah dukungan mereka dalam membuat pilihan yang sehat selama perayaan Idul Fitri.

Ingatlah bahwa moderasi dan perawatan diri adalah kunci untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dan kesejahteraan secara keseluruhan selama Lebaran, sementara sedikit penyesuaian gaya hidup dapat memberikan dampak signifikan pada kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan, sehingga Anda dapat menikmati kegembiraan. 

Pilihan Editor: 7 Cara Alami Menjaga Kadar Gula Darah Stabil

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."