April Diperingati Sebagai Bulan Kesadaran Operasi Caesar, Ini Hal tentang Melahirkan Secara Caesar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi operasi caesar. Shutterstock

Ilustrasi operasi caesar. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Instagram diramaikan dengan penggunaan template bertema Bulan Kesadaran Operasi Caesar. Dalam fitur yang banyak dibagikan perempuan itu, ada sticker bergambar perut yang terdapat bekas jahitan operasi, lalu di atasnya ada tanda hati.

Pada template juga tertulis, "April is C-Section awareness month. Post your C-Section babies." Beberapa kreator konten dan artis membagikan fotonya menggunakan template ini.

Fairuz A Rafiq menggunakan template peringatan Bulan Kesadaran Operasi Caesar, April 2024. Foto: Instagram/@fairuzarafiq.

Di antaranya ada artis Fairuz A. Rafiq. Dia memotret ketiga anaknya yang sedang bersantai. Lalu ada kreator konten bidang parenting, Grace Melia, yang membagikan momen saat baru melahirkan dua buah hatinya. Dia berbaring di rumah sakit bersama sang bayi. "Our C-Section doesn't make us less of woman or less of a mother," ucapnya membubuhkan kalimat. Menurut Grace, melahirkan dengan cara operasi tidak menjadikannya kurang sebagai perempuan dan ibu.

April dikenal sebagai Bulan Kesadaran Operasi Caesar Internasional. Dikutip dari laman Evenflo, menurut Johns Hopkins Medicine, operasi caesar atau kelahiran sesar adalah pembedahan melahirkan bayi melalui sayatan yang dibuat di perut dan rahim ibu. Penyedia layanan kesehatan menggunakannya ketika mereka yakin cara ini lebih aman bagi ibu, bayi, atau keduanya.

Mengapa ibu memerlukan operasi caesar?

Banyak alasan berbeda, tapi semuanya untuk memastikan ibu dan bayi tetap sehat! Jika Anda tidak dapat melahirkan melalui vagina, operasi caesar memungkinkan janin dilahirkan melalui pembedahan.

Anda mungkin dapat merencanakan dan menjadwalkan operasi caesar Anda. Atau, Anda mungkin melakukannya karena masalah saat melahirkan. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin memiliki alasan lain untuk merekomendasikan persalinan sesar.

Hal-hal yang perlu diketahui tentang menjalani operasi caesar:

  • Terkadang operasi caesar direncanakan, namun seringkali tidak direncanakan dan dianggap sebagai operasi darurat.
  • Disarankan selama beberapa minggu pertama pemulihan untuk tidak mengangkat beban apa pun yang lebih berat dari bayi Anda. Simpan barang-barang yang Anda butuhkan di dekat Anda dan gerakkan perlahan saat bangun dan bergerak.
  • Disarankan untuk tidak mengemudi setelah operasi caesar selama sekitar dua minggu. Tidak apa-apa mengendarai mobil sebagai penumpang, namun Anda tidak boleh mengoperasikan mobil itu sendiri. Pastikan untuk tetap memakai sabuk pengaman Anda!
  • Bergantung pada proses penyembuhan Anda, penyedia layanan kesehatan Anda akan memberi tahu Anda kapan Anda boleh mulai berolahraga setelah pemeriksaan 6 minggu pascakelahiran. Sampai saat itu, jalan kaki merupakan olahraga berdampak rendah untuk terus bergerak dan alasan yang bagus untuk keluar rumah.
  • Setelah 6 minggu pasca operasi, dokter Anda mungkin menyarankan untuk memulai pijat bekas luka operasi caesar. Pijatan sederhana ini dapat membantu penyembuhan dan memperbaiki tampilan bekas luka. Penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu untuk memastikan Anda aman untuk melanjutkan.
  • Mintalah teman dan keluarga Anda untuk membantu Anda mempersiapkan pekerjaan rumah sebelumnya! Buat makanan dan bekukan. Atau pertimbangkan untuk memulai Meal Train bersama teman dan keluarga untuk menghilangkan stres karena memasak dan menyediakan makanan bergizi.
  • Cobalah untuk terlebih dahulu mencuci pakaian dan pastikan Anda memiliki pakaian bersih dan nyaman yang siap untuk pemulihan Anda. Handuk, waslap, dan seprai ekstra juga bagus untuk dibawa-bawa! Secara realistis, ini semua dapat dicapai jika Anda memiliki jadwal operasi caesar yang dapat Anda rencanakan sebelumnya. Operasi caesar darurat kemungkinan besar tidak akan mampu membuat rencana sejauh ini.
  • Setelah Anda pulih, cobalah untuk terlibat dengan kelompok ibu setempat. Membangun jaringan orang-orang yang mengalami hal yang sama pada waktu yang sama seperti Anda sangatlah bermanfaat. Periksa grup Facebook lokal atau halaman kota yang mengatur kelompok berjalan dengan kereta dorong ibu atau kelas musik ibu dan bayi. Ini cara yang bagus untuk keluar rumah dan berpotensi mendapatkan teman baru sebagai ibu.
  • Seringkali ibu yang menjalani operasi caesar darurat lebih mungkin mengalami depresi pascapersalinan dan kecemasan pascapersalinan. Pada saat-saat seperti ini, mungkin sulit untuk menentukan langkah selanjutnya yang harus Anda ambil. Jika Anda merasa buntu, bicarakan dengan dokter anak Anda, konsultasikan dengan obgyn Anda, atau hubungi Postpartum Support International. Akan selalu ada seseorang di sana untuk membantu!

Tak lama lagi Anda akan sembuh total dan siap menjalani hidup dengan seikat kecil kebahagiaan Anda. Ketahuilah bahwa tidak apa-apa untuk merasakan apa yang Anda rasakan sebagai orang tua baru dan selalu ada sumber daya yang tersedia untuk membantu jika diperlukan. Semangat!

Pilihan Editor: Ketahui 10 Efek Samping setelah Operasi Caesar

EVENFLO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."